KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID Oleh: NizarMuzaki NIM. 1522402111

NizarMuzaki, 1522402111 (2019) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID Oleh: NizarMuzaki NIM. 1522402111. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikonseppendidikan Islam dalam pemikiran Abdurrahman Wahid. Pendidikan merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia yang berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan Islam haruslah memadukan sesuatu yang tradisional dan modern , karena hal itu tidak lepas dari perkembangan intelektual Gus Dur yang dibentuk oleh pendidikan Islam klasik dan pendidikan Barat Modern. Gur Dur berusaha mensistensiskan kedua pendidikan ini, yaitu pendidikan Islam klasik dengan pendidikan Barat modern, dengan tidak melupakan esensi ajaran Islam. Dalam Konsepsi Gus Dur, pendidikan Islam harus berbasis pada penghargaan dan penghormatan terhadap perbedaan masyarakat. Segala bentuk pendidikan dan kemampuan atas perjuangan mayarakat harus dihargai bersama, bahkan perlu untuk dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Gus Dur tujuan pendidikan Islam adalah proses menjadikan manusia sebagai insan kamil dan menjadikan manusia memilki jiwa sosial yang tinggi terhadaap sesama manusia dan alam. Ada tiga tujuan pendidikan Islam menurut Gus Dur yaitu pendidikan Islam berbasis modernisme, pendidikan Islam berbasis pembebasan dan pendidikan Islam berbasis kebhinekaan. Terkait kurikulum, Gus Dur melihat bahwa pesantren dinilai ideal sebagai kurikulum pendidikan Islam karena pesantren memiliki nilai-nilai mandiri yang sudah ada sejak di Indonesia dan pesantren dapat dikatakan sub-kultur karena memilki ciri khas yang menjadikannya sebagai saah satu identitas pendidikan Islam. Terakhir metode pendidikan Islam menurutnya menggunakan empat strategi, yaitu strategi sosial-politik, strategi kebudayaan, dan strategi sosial-kebudayaan serta strategi paedagogis. Kata Kunci: Pendidikan, Islam, Abdurrahman Wahid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Islam, Abdurrahman Wahid
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Nov 2019 01:32
Last Modified: 12 Nov 2019 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6464

Actions (login required)

View Item View Item