NEGOSIASI PEREMPUAN DALAM FILM DOKUMENTER TANAH MAMA KARYA ASRIDHA ELISABETH (ANALISIS TZVETAN TODOROV)

Nurhidayah, Nanik (2019) NEGOSIASI PEREMPUAN DALAM FILM DOKUMENTER TANAH MAMA KARYA ASRIDHA ELISABETH (ANALISIS TZVETAN TODOROV). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COCVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NANIK NURHIDAYAH_NEGOSIASI PEREMPUAN DALAM FILM DOKUMENTER T.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keinginan penulis untuk mengetahui praktek negosiasi perempuan yang terjadi pada film dokumenter Tanah Mama yang kemudian di analisis menggunakan penedekatan narasi Tzevetan Todorov. Film dokumenter Tanah Mama karya Asridha Elisabeth mengangkat isu-isu kemanusiaan, perjuangan perempuan-perempuan Papua melawan kekerasan dan diskriminasi. Film yang di sutradarai Nia Dinata ini merupakan film project change yang pernah memenangkan penghargaan film dokumenter pada tahun 2015 di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek negosiasi perempuan dalam film dokumenter Tanah Mama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Mendefinisikan metode sebagai mekanisme penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, baik itu tertulis, atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati oleh peneliti. Teori yang digunakan adalah analisis narasi model Tzvetan Todorov, memiliki tiga alur waktu cerita, yaitu alur awal, tengah dan akhir. Subjek penelitian ini adalah film dokumenter Tanah Mama, sedangkan objek penelitian ini adalah praktek negosiasi perempuan yang di narasikan dalam dialog film dokumenter Tanah Mama. Penelitian ini menemukan temuan-temuan sebagai berikut: (1) alur cerita dalam film dokumenter Tanah Mama menggunakan naratif model Tzvetan Todorov, memiliki tiga alur waktu cerita, yaitu alur cerita awal, tengah dan akhir. Semua cerita dimulai dengan keseimbangan dimana beberapa potensi pertentangan berusaha di seimbangkan pada suatu waktu. (2) Terjadi adanya praktek negosiasi perempuan dalam film dokumenter Tanah Mama dengan gaya negosiasi induktif dimana negosiator menunjukan kelemahan-kelemahan dalam argumentasinya, serta negosiasi yang berhasil dengan proses kuadran kolaborasi. Praktek negosiasi yang dilakukan tokoh Halosina terdapat pada alur tengah dan alur akhir, negosiasi yang dilakukan menggunakan cara menemui pihak lawan dan membujuk agar meringankan permasalahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 11 Nov 2019 08:49
Last Modified: 11 Nov 2019 08:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6458

Actions (login required)

View Item View Item