Penggunaan Media Strip Story pada Pembelajaran Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rowokele Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015

Ayu Yulaefien, Ayu (2015) Penggunaan Media Strip Story pada Pembelajaran Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rowokele Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
0. ABSTRAK.docx

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
AYU YULAEFIEN_102338029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Untuk mempelajari Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ, penggunaan media sangat penting dilakukan. Salah satu media yang bisa digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ yaitu media strip story. Di MTs Negeri Rowokele, guru mata pelajaran Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ menggunakan media strip story dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini maka rumusan masalahnya adalah “bagaimana penggunaan media strip story pada pembelajaran Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rowokele Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015?” Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan media strip story pada pembelajaran Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ kelas VIII di MTs Negeri Rowokele. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pendidik Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ, peserta didik, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi analisis sebelum di lapangan dan analisis setelah di lapangan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media strip story pada pembelajaran Al-Qur’an Al-Ḥadīṡ di kelas VIII B dan C sudah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media strip story yaitu pendidik membagikan secara acak media strip story. Peserta didik diminta untuk menghafal potongan-potongan kertas tersebut dan dilarang menulis ataupun memperlihatkannya kepada peserta didik yang lain. Pendidik meminta peserta didik agar mengumpulkan potongan kertas tadi. Pendidik duduk dan tetap diam, kelas diharapkan tenang ± 1-2 menit. Pendidik mengelompokkan peserta didik berdasarkan urutan kesatuan Al-Ḥadīṡ atau surah. Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok. Setelah peserta didik membentuk kelompok, mereka dapat menyusun Al-Ḥadīṡ atau surah tersebut. Pendidik menugaskan pada masing-masing kelompok untuk menyebutkan urutan Al-Ḥadīṡ atau surah yang telah dihafal. Kemudian pendidik menugaskan kepada peserta didik untuk menulis Al-Ḥadīṡ atau surah itu dalam buku catatan, dengan cara saling mendiktekan Al-Ḥadīṡ atau surah yang dihafalnya. Setelah itu, pendidik memperlihatkan Al-Ḥadīṡ atau surah yang utuh papan tulis. Kata-kata kunci : media, strip story.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 17 May 2016 01:27
Last Modified: 01 Jun 2016 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item