Solihah, Jamingatun (2019) PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTs COKROAMINOTO WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
JAMINGATUN SOLIHAH_PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru menghubungkan antara materi matri pelajaran yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya sekedar menghafal, mencatat, dan mendengarkan, akan tetapi belajar dalam proses pengalaman yang bermakna dan menyenangkan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Cokroaminoto Wanadadi?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Cokroaminoto Wanadadi?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Cokroaminoto Wanadadi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan onservasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Cokroaminoto Wanadadi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan komponen-komponen metode CTL, yakni: konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan melakukan evaluasi dengan penilaian yang sebenarnya/autentik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode contextual teaching and learning (CTL), pembelajaran bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 09:42 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 09:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6389 |
Actions (login required)
View Item |