Kurniawati, Desi (2019) IMPLEMENTSI PEMBELAJARAN MATERI UN BERBASIS ASRAMA DI MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DESI KURNIAWATI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI UN BERBASIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sistem asrama (boarding school) memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri. Hal ini dapat terlihat dari sekolah-sekolah yang telah menerapkan sistem pembelajaran ini. Sekolah-sekolah tersebut telah terbukti prestasinya baik di tingkat regional maupun nasional. Sekolah-sekolah yang menerapkan sistem boarding school atau asrama diantaranya SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta, Pondok Pesantren Modern Gontor, dan Pondok As-Salam Solo. Berkenaan dengan hal demikian maka model Pendidikan Berasrama dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan kualitas suatu lembaga pendidikan. Maka tidak mengherankan jika kemudian banyak lembaga-lembaga pendidikan yang berupaya menerapkannya.Salah satu diantara satuan pendidikan formal di bawah Kementerian Agama di kabupaten Banyumas yang berupaya menerapkan suatu pembelajaran materi UN berbasis asrama adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas (MIN 1 Banyumas). Penelitian ini menggunakan metoode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis asrama di MI Negeri 1 Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi pembelajaran materi UN berbasis asrama di MI Negeri 1 Banyumas mengacu pada: keterlaksanaan kegiatan pembelajaran secara formal dengan asrama dalam jadwal pelajaran yang ada, peningkatan pengajaran materi UN melalui kegiatan bimbingan materi yang diikuti pula dengan uji kemampuan; 2) Implementasi pembelajaran berbasis asrama untuk mata pelajaran UN di MI Negeri 1 Banyumas memiliki beberapa dampak positif bagi peserta didik antara lain mendukung atau mengoptimalkan pencapaian hasil ujian nasional sehingga dari tahun ke tahun nilai rata-ratanya di atas 80 atau 8,00; 3) proses implementasi pembelajaran berbasis asrama untuk mata pelajaran UN di MI Negeri 1 Banyumas terdapat beberapa kendala seperti kurang kondusifnya pembelajaran dikarenakan suara antar kelompok yang saling terdengar dan masih ada beberapa peserta didik yang berbicara sendiri ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, walau secara umum kendala ini tidak menghambat jalannya pembelajaran di asrama MI Negeri 1 Banyumas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Asrama, Materi UN, MI Negeri 1 Banyumas |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 01:40 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 01:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6376 |
Actions (login required)
View Item |