Erviana, Erviana (2019) PEMBINAAN ETIKA DAN MORAL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SMP NEGERI 4 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ERVIANA _PEMBINAAN ETIKA DAN MORAL PESERTA DIDIK MELALUI KEG.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembinaan Etika dan Moral adalah suatu arahan, bimbingan dan tindakan yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik untuk memperbaiki perilaku peserta didik menjadi lebih baik sesuai dengan adat dan kebiasaan, sehingga peserta didik dapat memahami mana perilaku yang baik dan buruk sesuai dengan ajaran agama Islam. Mata Pelajaran PAI di sekolah seharusnya dapat membantu memberikan solusi agar peserta didik memiliki akhlak yang baik, namun pada kenyataanya semua itu belum cukup untuk meminimalisir adanya penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Seringkali kita jumpai dalam suatu lembaga sekolah bagaimana sikap dan perilaku peserta didik terhadap gurunya begitupun sebaliknya perilaku guru terhadap peserta didiknya yang jauh dari kata moral, seperti melanggar tata tertib sekolah, seks bebas, merokok, berbicara tidak sopan, membantah bahkan ada yang sampai tawuran antar pelajar dan sebagainya. Maka dari itulah penulis melakukan penelitian mengenai Pembinaan Etika dan Moral Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam di SMP Negeri 4 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pembinaan Etika dan Moral Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam di SMP Negeri 4 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pembinaan Etika dan Moral Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam di SMP Negeri 4 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Fieldresearch) yang bersifat deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisi data yang penulis peroleh yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa proses Pembinaan Etika dan Moral Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam di SMP Negeri 4 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas dilakukan dengan beberapa meode, yaitu metode keteladanan, metode cerita atau kisah dan metode pembiasaan. Adanya metode ini dilakukan dengan menyesuaikan dengan materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan mengacu pada sebuah kitab yang berjudul kitab Washoya Al Abaa Lil Abna yang ditulis oleh Syeikh Muhammad Syakir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Etika dan Moral, Ekstrakurikuler Kerohanian Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 01:39 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 01:39 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6355 |
Actions (login required)
View Item |