Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar Islam Terpadu SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegara

Maskuroh, Banatul (2019) Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar Islam Terpadu SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Banjarnegara. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Banatul Maskuroh_Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter d.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) lahir karena kesadaran banyaknya tantangan masa depan yang semakin kompleks. Kondisi seperti ini menuntut lembaga pendidikan harus bisa mewujudkan siswa yang berkepribadian utuh dan tangguh dengan nilai-nilai moral, sikap spiritual, keilmuan dan ketrampilan. Kebijakan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga ditetapkan dengan memperhatikan salah satu peraturan mentri, yaitu: Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilain Pendidikan. Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di atas, penulis ingin melakukan penelitian di sekolahan tersebut dengan subjek penelitian kelas VI SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok dengan alasan karena kelas VI sudah melampaui masa pendidikan dengan sistem Penguatan Pendidikan Karakter selama enam tahun. Untuk itu penulis ingin melakukan penelitian dengan judul “Penguatan Pendidikan Karakter di SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek penelitian Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Klampok Banjarnegara. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian tersebut bahwa pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Klampok Banjarnegara adalah pertama, Nilai utama dalam pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara adalah sebagaimana lima nilai karakter dalam Penguatan Pendidikan Karakter yang disebutkan dalam Kemendikbud yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Kedua, Materi dalam pelaksanaan PPK adalah mengintegrasikan lima nilai-nilai utama pada kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter ke dalam kurikulum yang sudah ada yang dapat dilaksanakan dengan analisis KD, mendesain RPP yang memuat fokus pendidikan karakter dan melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP. Ketiga, Strategi yang digunakan dalam pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di SDIT Mutiara Hati Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara adalah dengan menggunakan strategi kolaboratif (collaborative learning).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Penguatan Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 01 Nov 2019 08:45
Last Modified: 01 Nov 2019 08:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item View Item