Hasanah, Siti Uswatun (2019) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI PESANTREN PEMBANGUNAN CIGARU KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
SITI USWATUN HASANAH_PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH P.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bahasa adalah alat komunikasi antar sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari, bahasa juga sebagai alat untuk menyampaikan ide atau gagasan yang ada dalam pikiran dan perasaan yang dapat diwujudkan dengan tanda bunyi atau tulisan. Dari berjuta-juta bahasa yang ada di dunia salah satu bahasa yang digunakan oleh manusia adalah bahasa Arab. Bagi umat Islam, bahasa Arab merupakan bahasa yang tidak asing lagi. Karena dalam agama Islam bahasa Arab lazim digunakan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah naratif. Adapun objek penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual yang ada di MI Pesantren Pembangunan Cigaru kelas I sampai dengan kelas VI. Alasan penelitian dilakukan di madrasah tersebut karena madrasah tersebut merupakan madrasah dengan jumlah siswa terbanyak sekecamatan Majenang yakni mencapai 470 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan asas konstruktivisme pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru, (2) bagaimana penerapan asas inkuiri pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru, (3) bagaimana penerapan asas bertanya pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru, (4) bagaimana penerapan asas masyarakat belajar pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru, (5) bagaimana penerapan asas pemodelan pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru, (6), bagaimana penerapan asas refleksi pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru, dan (7) bagaimana penerapan asas penilaian sebenarnya pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan asas konstruktivisme pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru baik dan maksimal, (2) penerapan asas inkuiri pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru baik dan maksimal, (3) penerapan asas bertanya pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru baik dan maksimal, (4) penerapan asas masyarakat belajar pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru baik dan maksimal, (5) penerapan asas pemodelan pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru baik dan maksimal, (6), penerapan asas refleksi pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru baik dan maksimal, dan (7) penerapan asas penilaian sebenarnya pada bembelajaran bahasa Arab di MI Pesantren Pembangunan Cigaru baik dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontekstual, Pembelajaran Kontekstual, Pelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 08:35 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 08:35 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6351 |
Actions (login required)
View Item |