PEMBELAJARAN TATA BAHASA ARAB MENURUT AKHMAD MUNAWARI

Rani Zuhriyah, 102332067 (2014) PEMBELAJARAN TATA BAHASA ARAB MENURUT AKHMAD MUNAWARI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar pustaka.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
Rani Zuhriyah_PEMBELAJARAN TATA BAHASA ARAB MENURUT AKHMAD MUNAWARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam setiap bahasa ada kesemestaan aturan, demikian juga dengan bahasa Arab. Aturan-aturan bahasa Arab disusun guna mempermudah bangsa lain/ non Arab untuk mempelajarinya. Salah satu aturan tersebut adalah aturan yang berkaitan dengan pembentukan kata dan kalimat. Dimana aturan ini biasa dikenal dengan tata bahasa Arab. Tata bahasa dalam bahasa Arab terdapat dalam ilmu nahwu dan sharaf. Dalam tataran praktis, para pemula baik orang Arab apalagi non Arab merasa kesulitan dalam pembelajaran ilmu nahwu- sharaf. Dimana salah satunya disebabkan karena begitu kompleknya kaidah-kaidah nahwu- sharaf. Sehingga, hal ini jelas menuntut upaya – upaya ahli bahasa Arab untuk mencoba menyederhanakan materi nahwu- sharaf. Salah satunya adalah Akhmad Munawari, dengan merekonstruksi materi nahwu- sharaf dengan bentuk yang baru yang berlandaskan pada prinsip praktis, efektif, efisien dan sistematis bagi pemula. Akhmad Munawari berhasil menyusun konsep pembelajaran tata bahasa Arab dengan sistem 30 Jam, yang hal ini jelas membantu para pemula dalam mempelajari tata bahasa Arab. Berlatarbelakang hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang bagaimana konsep pembelajaran tata bahasa Arab yang ditawarkan Akhmad Munawari dalam bukunya yang berjudul “Belajar Cepat Tata Bahasa Arab”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber primer dalam penelitian ini adalah karya Akhmad Munawari, yaitu buku yang berjudul “Belajar Cepat Tata Bahasa Arab”. Sedangkan sumber sekundernya adalah karya- karya Akhmad Munawari dan buku- buku yang dijadikan rujukan dalam menyusun buku “Belajar Cepat Tata Bahasa Arab”.Sementara itu dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data- data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode Content Analysis, komparatif dan triangulasi serta disimpulkan menggunakan metode deduktif dan induktif. Adapun hasil dari penelitian ini, adalah bahwa konsep pembelajaran tata bahasa Arab menurut Akmad Munawari ini meliputi tujuan, materi, metode dan evaluasi. Dimana tujuannya adalah penguasaan bahasa Arab utuk memahami teks- teks Arab seperti Al- Qur‟an dan Hadits. Sedangkan materi dan metodenya disusun dengan pola deduktif dan induktif sehingga sangat sistemtis serta evalusinya juga menggunakan tes yang sesui dengan tujuan khusus dan materi yang telah diajarakan yakni meliputi membuat kalimat, menerjemahkan, dan menganalisis teks Arab yang diambilkan dari Ayat Al- Qur‟an Kata Kunci: Bahasa Arab, Pembelajaran, Tata Bahasa Arab, Akhmad Munawari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:39
Last Modified: 02 Aug 2016 07:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item