Kusnadi, Kusnadi (2019) Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di MTs Plus Al Bukhori Tanjung Kabupaten Brebes. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
KUSNANDI_MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA I.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Manajemen merupakan suatu konsep yang mengkaji keterkaitan dimensi perilaku, komponen sistem dalam kaitannya dengan perubahan dan pengembangan organisasi. Tuntutan perubahan dan pengembangan yang muncul sebagai akibat tuntutan lingkungan internal dan eksternal, membawa implikasi terhadap perubahan perilaku kelompok dan wadahnya. Salah satu indikator yang menentukan berhasil tidaknya suatu pendidikan, diperlukannya pengembangan kurikulum yang tertuang dalam sistem pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisa tentang manajemen pengembangan kurikulum pendidikan agama islam berbasis pesantren di MTs Plus Al Bukhori Tanjung Kabupaten Brebes. Deskripsi tersebut meliputi:(1) perencanaan; (2) pengoorganisasian; (3) pelaksanaan manajemen; (4) pengawasan yang dilakukan oleh sekolah. Adapun Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Maksud dari metode penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu hal seperti apa adanya dan metode ini memungkinkan peneliti memilih objek penelitian untuk dikaji secara mendalam dan bukan hanya membuat peta umum dari objek penelitian. Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan, serta cara pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Ia merupakan sekumpulan studi keislaman yang meliputi al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Tarikh, dan Kebudayaan Islam. Oleh karenanya dalam usaha pengembangan kurikulum diperlukan suatu keahlian manajerial dalam arti mampu merencanakan, mengorganisasi, mengelola dan mengontrol kurikulum tersebut. Perencanaan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dirancang oleh pihak struktural Madrasah beserta fungsionaris pesantren, sebagai upaya sinkronisasi program pendidikan baik yang ada di madrasah maupun di pesantren. Sekolah Berbasis Pesantren sebagai model pendidikan Islam menyesuaikan dengan kurikulum yang diterapan dalam sekolah umum, dalam hal ini kurikulum 2013, yang mengintegrasikan kompetensi sosial dan kompetensi spiritual, serta kompetensi afektif dan kompetensi psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pengembangan kurikulum, Kurikulum PAI dan Berbasis Pesantren |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 07:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 07:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6273 |
Actions (login required)
View Item |