PENGARUH HAFALAN AL QUR’AN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP N 01 KEMBARAN PADA SISWA KELAS VIII

Intan, Zahrotul Maulida (2019) PENGARUH HAFALAN AL QUR’AN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP N 01 KEMBARAN PADA SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
INTAN ZAHROTUL MAULIDA_PENGARUH HAFALAN AL QUR'AN DAN GAYA B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu kebutuhan manusia dalam memenuhi kehidupannya. Bagi seorang siswa, mempelajari ilmu umum dan ilmu agama itu wajib untuk menyeimbangkan pemikiran dalam proses belajar. Dalam hal ini, Al Qur’an juga berbicara tentang bilangan. Maka dari itu, Matematika tidak dapat dikatakan sebagai ilmu umum yang lepas dari ilmu agama, dan tidak dapat dikatakan bahwa agama terlepas dari ilmu umum. Pembelajaran yang berkesan sesungguhnya tidak datang dari sebuah paksaan, melainkan dari motivasi dirinya sendiri. Situasi dan kondisi untuk berkonsentrasi sangat berhubungan dengan gaya belajar siswa. Dengan demikian, siswa diharuskan untuk mengenali gaya belajar yang tepat agar dapat memaksimalkan konsentrasi dan fokus belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al Qur’an terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP N 01 Kembaran pada siswa kelas VIII, dan pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP N 01 Kembaran pada siswa kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 222 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 143 siswa dengan teknik menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yaitu dengan memperoleh data berbentuk angka dan menggunakan metode penelitian survey. Cara pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk data hafalan Al Qur’an, tes untuk data kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket untuk data gaya belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara hafalan Al Qur’an terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP N 01 Kembaran pada siswa kelas VIII sebesar 4,0% dan terdapat pengaruh positif antara gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP N 01 Kembaran pada siswa kelas VIII sebesar 2,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MAtematika dan Spiritual, Al Qur'an dan Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:35
Last Modified: 06 Nov 2019 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6255

Actions (login required)

View Item View Item