Eka Septiani, Sarastuti (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN KARAWITAN SANGGAR LARAS MANUNGGAL DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
EKA SEPTIANI SARASTUTI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN KARAWITAN SANGGAR LARAS MANUNG.pdf Download (987kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini sangat berpengaruh terhadap pergeseran norma-norma agama dan adat istiadat yang ada di masyarakat. Hal tersebut menyebabkan lunturnya rasa cinta tanah air pada generasi bangsa karena kelestarian budaya Indonesia khususnya seni karawitan dizaman modern ini sudah jarang dijumpai. Padahal kebudayaan Indonesia yang telah ada penuh dengan estetika, keharmonisan, ajaran-ajaran, filsafat-filsafat, tatakrama, kemasyarakatan, toleransi serta pembentukan manusia yang berakhlakul karimah. Dengan adanya kekhawatiran tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian karawitan sanggar Laras Manunggal Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian karawitan sanggar Laras Manunggal Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatannya deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian karawitan sanggar Laras Manunggal Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas bahwa kegiatan kesenian karawitan sangat berperan penting dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam serta berperan penting untuk melestarikan kesenian Indonesia. Sebagai generasi muda sudah menjadi keharusan untuk tetap melestarikan kesenian Indonesia dan mempertahankan adat istiadat serta mempertahankan norma-norma yang ada di masyarakat. Nilai-nilai pendidikan Islam yang disampaikan melalui media kesenian karawitan ialah: nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut disampaikan melalui kegiatan latihan yang diiringi alat musik gamelan, melalui perangkat gamelan itu sendiri, dan juga melalui lirik-lirik gendhing (lagu) yang dibawakan. Sehingga anak-anak akan lebih mudah memahami nilai-nilai pendidikan Islam yang disampaikan melalui media kesenian karawitan tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Karawitan, Sanggar Laras Manunggal Dukuhwaluh |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 07:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 07:25 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |