MADRASAH DINIYAH SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Desa Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas)

Isna Fajar, Budi Pratiwi (2019) MADRASAH DINIYAH SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Desa Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MADRASAH DINIYAH SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan Islam non formal yang pelaksanaan pembelajarannya di lakukan pada sore hari dan fungsinya sebagai pelengkap pendidikan Agama Islam bagi masyarakat. Dalam penelitian ini masalah yang ada di masyarakat adalah kurangnya pemahaman terhadap Agama. Kemudian kebanyakan masyarakat menyekolahkan anaknya di sekolahan umum yang pendidikan Agamanya hanya dapat diperoleh setiap seminggu sekali saja. Adanya Madrasah Diniyah Roudlotul Huda di Desa Rawalo merupakan sebagai suatu alternatif pendidikan Agama Islam di masyarakat Desa Rawalo tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda dan mengetahui motivasi masyarakat Desa Rawalo mengenyam pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi agama. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda tidak hanya mengkaji Baca Tulis Al-Qur’a>n saja melainkan sudah ada tambahan mata pelajaran Islam yang lainnya. Namun dalam pelaksanaannya tetap yang menjadi pelajaran pokok mengenai hafalan-hafalan dan membaca Iqra’/Al-Qur’a>n dengan baik dan benar. Sistem pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda yaitu dengan menggunakan sistem klasikal dimana santri-santrinya dibagi menjadi 6 kelas. Madrasah Diniyah Roudlotul Huda merupakan Madrasah Diniyah yang paling diminati oleh masyarakat Desa Rawalo. Adapun motivasi masyarakat Desa Rawalo lebih memilih mengenyam pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda yaitu karena pembelajarannya sudah tertata, latar belakang pendidikan dari Kepala Madrasah Diniyahnya adalah lulusan dari Pondok Pesantren, letaknya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Madrasah Diniyah, Pendidikan Agama Islam, Madrasah Diniyah Roudlotul Huda
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:56
Last Modified: 17 Oct 2019 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item View Item