PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGKLESEM KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2010/2011

MUSRI’AH, NIM. 082334088 (2011) PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGKLESEM KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MUSRI’AH_PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGKLESEM KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2010-2011.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada proses belajar mengajar yang dilakukan guru yang harus menciptakan lingkungan yang kondusif dan suasana belajar yang efektif serta dibutuhkan keprofesionalan dalam memilih strategi yang sesuai dengan kondisi siswa dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan serta hasil evaluasi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu guru harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik. Guru diharapkan memiliki pengetahuan yang luas tentang disiplin ilmu yang harus diampu untuk ditransfer kepada peserta didik. Dalam penelitian pendahuluan, peneliti menemukan dalam Proses pembelajaran yang berlangsung, guru berpedoman pada silabus yang telah dibuat oleh tim dari Ma’arif NU, dan guru bidang studi menjabarkannya dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP). Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, guru jarang membuat RPP karena belum paham tentang pelaksanaan pembelajaran berbasis KTSP. Pembelajaran yang disampaikan guru belum menggunakan strategi yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Mereka cenderung menggunakan pembelajaran dengan menggunakan ceramah yang membosankan. Akibatnya, anak kurang minat untuk belajar dan sering melakukan aktivitas sendiri saat guru menerangkan. Evaluasi yang digunakan pun belum variatif, hanya sekedar evaluasi dalam bentuk tes tertulis melalui ulangan. Kondisi ini berlangsung cukup lama sehingga menjadi suatu kebiasaan dan sulit untuk diubah. Penulis tertarik untuk penelitian lebih lanjut dengan judul: Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak, di MI Ma’arif NU 02 Karangklesem Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2010/2011, yang difokuskan pada siswa kelas V. Maksud dari judul penelitian ini, adalah penelitian tentang pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya, pada Kelas V MI Ma’arif NU 02 Karangklesem Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2010/2011. Fokus Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang Bagaimana pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Ma’arif NU 02 Karangklesem Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2010/2011?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif Kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan dalam kesimpulan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian ini adalah Pertama, Perencanaan Pembelajaran Mapel Akidah Akhlak Kelas V MI Ma’arif NU 02 Karangklesem dipahami oleh guru sebagai persiapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, berdasarkan hasil analisis dokumen RPP menunjukkan bahwa guru kurang mampu mengembangkan strategi pembelajaran, cara, prosedur dan teknik penilaian. Dalam menyusun rencana pembelajaran, guru kurang mempertimbangkan aspek yang berkaitan dengan: (a) kemampuan dasar siswa; (b) perumusan tujuan pembelajaran; (c) pemilihan metode; (d) pertimbangan jumlah jam pelajaran yang tersedia; dan (e) mempertimbangkan prinsip-prinsip belajar. Kedua, Pelaksanaan Pembelajaran Mapel Akidah Akhlak Kelas V MI Ma’arif NU 02 Karangklesem, guru menggunakan metode klasik seperti ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas. Pembelajaran akidah akhlak Kelas V MI belum tercipta pembelajaran yang efektif. Karena tidak tersedianya media dan sarana yang memadai, sehingga pembelajaran cenderung monoton. Padahal jumlah siswa dalam tiap kelas tidak terlalu banyak. Di samping itu guru kurang dapat memperhatikan tahap perkembangan kognitif siswa. Siswa harus ikut aktif dalam melakukan pembelajaran dengan cara belajar yang kongkrit. Pemahaman ini harus bisa dikuasai oleh guru yang mengajar, agar proses pembelajarannya sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa. Ketiga, Evaluasi Pembelajaran Mapel Akidah Akhlak Kelas V di MI Ma’arif NU 02 Karangklesem dilakukan dengan penilaian kelas, tes kemampuan dasar, penilaian akhir satuan pendidikan dan sertifikasi, dan penilaian program. Guru jarang menggunakan pre test dan post test. Teknik evaluasi menggunakan gabungan test lisan dan test tertulis, tetapi kadang dilakukan dengan cara lain, seperti hafalan. Dalam evaluasi vi pembelajaran mapel akidah akhlak, guru memfokuskan penilaian hanya pada penguasaan materi/kognitif semata, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik seperti terabaikan. Kata Kunci: Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:04
Last Modified: 02 Aug 2016 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item