IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH BARUAMBA BUMIAYU BREBES

Slamet, Slamet (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH BARUAMBA BUMIAYU BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SLAMET_IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Manajemen Strategik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Baruamba Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Baruamba Kabupaten Brebes dengan responden sebanyak satu orang Kepala Sekolah, delapan Guru dan satu Komite Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi . Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu; reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan yang saling berinteraksi. Proses verifikasi sering melangkah kembali pada tahap reduksi data agar triangulasi selalu intern dalam proses penelitian. Hasil yang diperoleh adalah manajemen strategik kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Baruamba adalah cenderung pada pengamatan dan evaluasi yang dicantumkan dalam analisis SWOT dengan menggunakan tiga tahap yaitu ; Tahap Formulasi, Tahap Implementasi dan Tahap Evaluasi. Pola kepemimpinan yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Baruamba adalah pola kepemimpinan partisipatif dengan model Total Quality Management (TQM), atau yang dikenal dengan istilah kepemimpinan terbuka. Upaya peningkatan kinerja guru oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Baruamba adalah memberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru, meneruskan studi belajar, Pendidikan dan Latihan, dan pelaksanaan evaluasi rencana pembelajaran dan supervisi, pembinaan dan bimbingan pada segenap unsur sekolah yang diadakan seminggu sekali, menyampaikan penghargaan pada guru sebagai motivasi, melibatkan unsur sekolah dalam menyusun program kerja, dan mengadakan pertemuan rutin untuk mengevaluasi kinerja seluruh unsur sekolah. Dalam menghadapi hambatan untuk mendapatkan solusi kepala madrasah memperundingkan dengan dewan guru, sehingga mendapatkan solusi yang terbaik. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja selama ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Baruamba, perlu adanya proses pembelajaran. Untuk kepemimpinan kepala madrasah, manajemen strategik yang selama ini diterapkan sudah cukup baik. Namun demikian, tetap diperlukan peningkatan dan penyempurnaan manajemen strategik agar lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Strategic Management
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:14
Last Modified: 04 Oct 2019 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item View Item