ANALISISFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN PADA BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA

DIAH ROCHMAWATI, . 1522202050 (2019) ANALISISFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN PADA BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DIAH ROCHMAWATI_ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN PADA BM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Munculnya banyak lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah merupakan awal bukti diterimanya dengan baik suatu sistem ekonomi yang berlandaskan sistem syariah. Selain bank syariah yang akhir-akhir ini banyak bermunculan di Indonesia, lembaga keuangan mikro swasta yang berprinsip syariah juga hadir di tengah-tengah masyarakat. Diantaranya adalah Baitul Maalwatamwil atau biasa disebut BMT. Keberadaan BMT ini merupakan usaha untuk memenuhi keinginan khususnya sebagian umat Islam yang menginginkan jasa layanan bank syariah untuk mengelola perekonomiannya. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengambilan pembiayaan pada BMT Mentari Bumi Purbalingga dan (b) untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pengambilan pembiayaan pada BMT Mentari Bumi Purbalingga. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dengan memberikan kuesioner kepada anggota BMT Mentari Bumi Purbalingga dengan sampel sebanyak 97 responden yang terdiri dari 39 item/pertanyaan. Dalam menentukan sampel ini metode yang digunakan adalah accidental sampling. Uji statistik yang digunakan adalah analisis faktor dengan bantuan analisis program SPSS Seri 21. Hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengambilan pembiayaan pada BMT Mentari Bumi Purbalingga menunjukkan ada 3 faktor yang terbentuk yaitu: (1) Pribadi yang memuat variabel-variabel seperti faktor pribadi (0,720), corporate identify (0,707), faktor psikologis (0,669), promotion (0,649), price (0,641), personality (0,623), product (0,607), dan physical evidence (0,513); (2) Kondisi Bank yang memuat variabel-variabel seperti people (0,805), place (0,699), reputation (0,669), dan faktor budaya (0,524); (3) Pelayanan yang memuat variabel-variabel seperti process (0,809) dan value (0,685). Diantara 3 faktor yang terbentuk tersebut, terdapat satu faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pengambilan pembiayaan pada BMTMentari Bumi Purbalingga yaitu faktor pribadi karena memiliki eigenvalue terbesar yaitu 6,501 dan dapat menerangkan data sebesar 43,34%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anggota, Keputusan Pengambilan Pembiayaan, BMT, dan Analisis Faktor
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Sep 2019 01:28
Last Modified: 27 Sep 2019 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item View Item