STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD N 01 TANJUNG PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS NurliaAmalia NIM. 1522402027

NurliaAmalia, 1522402027 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD N 01 TANJUNG PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS NurliaAmalia NIM. 1522402027. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
NURLIA AMALIA_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)

Abstract

SetiapwarganegaraberhakuntukmendapatkanpendidikantermasukbagiAnakBerkebutuhanKhusus (ABK).PendidikanInklusimerupakan pendidikan yangmemberikankesempatankepadaAnakBerkebutuhanKhususuntukbelajarbersamadengananak-anak normal lainnyadalamsatukelas.Salah satusekolah yang menyelenggarakanpendidikikanInklusiadalah di SD N 01 TanjungPurwokertoKabupatenBanyumas.Olehkarenaitusebelummelaksanakan proses pembelajaran guru harusmempertimbangkanbanyakhaltermasukstrategipembelajaran yang nantinyaakanditerapkan. Pemilihanstrategipembelajaranharus di rencanakandandisesuaikandengankarakteristiksiswa Skripsiiniakanmembahastentangbagaimana penerapanstrategipembelajaran yang dilakukanpadapembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI)dikelasInklusi III B. Jenispenelitiandalamskripsiiniadalahpenelitianlapangandenganmenggunakanpenelitiankualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode yang digunakandalampengumpulan data adalahmetodewawancara, observasidandokumentasi.Metodewawancaradigunakanuntukmendapatkanpenjelasanlangsungdarinarasumber yang menggambarkanbagaimanastrategipembelajaran yang diterapkanpada proses pembelajaran PAI di kelas III B. Metodeobservasidigunakanuntukmemperoleh data daripelaksanaankegiatanpembelajaran di dalamkelas yang dilaksanakanoleh guru dansiswa. Sedangkanmetodedokumentasidigunakanuntukmenghasilkan data tentangkeadaan SD N 01 Tanjungmelaluidokumen yang ada di SD tersebut. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwastrategipembelajaranpendidikan agama Islam di kelasinklusi III B menggunakanstrategipembelajaran yang berpusatpada guru danberpusatpadasiswa.Strategi pembelajarantersebutmerupakanstrategipembelajaranlangsungdankontekstual. Pemilihanstrategitersebutdisesuaikanberdasarkanbeberapapertimbangan, salahsatunyadenganmelihatkarakteristiksiswadandisesuaikanberdasarkan ABK, sehinggapadapelaksanaan proses pembelajaranbersifatfleksibel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: StrategiPembelajaran, PAI, KelasInklusi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Sep 2019 03:46
Last Modified: 21 Sep 2019 03:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6116

Actions (login required)

View Item View Item