NurliaAmalia, 1522402027 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SD N 01 TANJUNG PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS NurliaAmalia NIM. 1522402027. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text
NURLIA AMALIA_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM P.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
Abstract
SetiapwarganegaraberhakuntukmendapatkanpendidikantermasukbagiAnakBerkebutuhanKhusus (ABK).PendidikanInklusimerupakan pendidikan yangmemberikankesempatankepadaAnakBerkebutuhanKhususuntukbelajarbersamadengananak-anak normal lainnyadalamsatukelas.Salah satusekolah yang menyelenggarakanpendidikikanInklusiadalah di SD N 01 TanjungPurwokertoKabupatenBanyumas.Olehkarenaitusebelummelaksanakan proses pembelajaran guru harusmempertimbangkanbanyakhaltermasukstrategipembelajaran yang nantinyaakanditerapkan. Pemilihanstrategipembelajaranharus di rencanakandandisesuaikandengankarakteristiksiswa Skripsiiniakanmembahastentangbagaimana penerapanstrategipembelajaran yang dilakukanpadapembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI)dikelasInklusi III B. Jenispenelitiandalamskripsiiniadalahpenelitianlapangandenganmenggunakanpenelitiankualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode yang digunakandalampengumpulan data adalahmetodewawancara, observasidandokumentasi.Metodewawancaradigunakanuntukmendapatkanpenjelasanlangsungdarinarasumber yang menggambarkanbagaimanastrategipembelajaran yang diterapkanpada proses pembelajaran PAI di kelas III B. Metodeobservasidigunakanuntukmemperoleh data daripelaksanaankegiatanpembelajaran di dalamkelas yang dilaksanakanoleh guru dansiswa. Sedangkanmetodedokumentasidigunakanuntukmenghasilkan data tentangkeadaan SD N 01 Tanjungmelaluidokumen yang ada di SD tersebut. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwastrategipembelajaranpendidikan agama Islam di kelasinklusi III B menggunakanstrategipembelajaran yang berpusatpada guru danberpusatpadasiswa.Strategi pembelajarantersebutmerupakanstrategipembelajaranlangsungdankontekstual. Pemilihanstrategitersebutdisesuaikanberdasarkanbeberapapertimbangan, salahsatunyadenganmelihatkarakteristiksiswadandisesuaikanberdasarkan ABK, sehinggapadapelaksanaan proses pembelajaranbersifatfleksibel.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | StrategiPembelajaran, PAI, KelasInklusi |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 21 Sep 2019 03:46 |
Last Modified: | 21 Sep 2019 03:46 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6116 |
Actions (login required)
View Item |