Naeni Faidah Fitri, NIM : 1123310024 (2016) Pembentukan Kualitas Belajar IPA Di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
|
![]() |
Text
NAENI FAIDAH FITRI_PEMBENTUKAN KUALITAS BELAJAR IPA DI MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah suatu kumpulan teori yang sistimatis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti eksperimen, observasi, dan penyelidikan sederhana sehingga terbentuk sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka, jujur dan suka bekerjasama. Melihat ruang lingkup IPA tersebut maka dalam mempelajari IPA memerlukan cara dan proses yang berbeda dengan ilmu pengetahuan lain.Cara dan proses belajar IPA bisa dilakukan dengan melakukan pengamatan peristiwa alam, diskusi, eksperimen sehingga siswa mengalami sendiri, kemudian dapat menarik kesimpulan dari kegiatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara siswa dalam meningkatkan kualitas belajar IPA pada proses pembelajaran mata pelajaran IPA kelas V MI Muhammadiyah Kramat kecamatan Kembaran kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field-research) yaitu penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait dengan peningkatan kualitas belajar IPA siswa MI Muhammadiyah Kramat. Obyek dalam penelitian ini adalah cara belajar IPA siswa kelas V MI Muhammadiyah Kramat kecamatan Kembaran kabupaten Banyumas. Teknik analisis yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif . Analisis kualitatif meliputi reduksi data, deskripsi data, display data, dan verifikasi data. Kuantitatif dengan menghitung prosentase hasil angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang diterapkan guru dalam pembelajaran IPA adalah dengan melakukan eksperimen, penyelidikan sederhana dan diskusi sebagai upaya dalam menanamkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA sehingga terbentuk kualitas belajar. Sedangkan pembentukan kualitas belajar yang dilakukan siswa adalah dengan penerapan strategi belajar, metode belajar dan belajar secara ilmiah. Dengan cara tersebut dapat tercapai kualitas dalam hasil belajar dan berkualitas dalam sikap. Kualitas hasil belajar adalah mendapatkan nilai yang bagus, sedangkan kualitas dalam sikap yaitu tertanamnya sikap ilmiah dalam diri siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan, kualitas belajar IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 01:20 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 01:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |