PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN RUTIN DI MI NEGERI MODEL SLARANG KIDUL KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL

Umu, Rokhmatun Nazilah (2016) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN RUTIN DI MI NEGERI MODEL SLARANG KIDUL KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ BAB 1_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
UMU ROKHMATUN NAZILAH_PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN RUTIN DI MI NEGERI MODEL SLARANG KIDUL KECAMATAN LEBAKSIU KA~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya karakter adalah sistem pendidikan yang lebih menekankan pengembangan intelektual daripada pengembangan karakter. Dalam hal ini pendidikan di sekolah dasar memiliki peran yang sangat vital dalam menanamkan pendidikan karakter. Upaya penyadaran pendidikan karakter pada peserta didik dapat ditempuh dengan melaksanakan pendidikan karakter melalui pembiasaan rutin. PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisissecarakritistentangPendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Rutin di MI Negeri ModelSlarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana penelititerjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknikpengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkanteknikanalisisdatanyamenggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiridari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) danVerifikasi(Conclusion Drawing). Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Rutin di MI Negeri ModelSlarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dilaksanakan dengan menginternalisasikan 18 nilai karakter yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Nasional melalui berbagai bentuk pembiasaan rutin diantaranya: sholat duha, sholat duhur, berjabat tangan, berbaris di depan kelas, membaca yasin, hafalan perkalian, hafalan bacaan sholat, hafalan surat pendek, berhitung, upacara bendera, jalan sehat, jumat bersih, jumat yaumi, senam, berdoa sebelum dan sesudah belajar, hafalan vocab, membaca tilawati, hafalan rumus, dan budaya membaca. Pelaksanaan pembiasaan rutin tersebut dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting), dan pembiasaan (habit). Penciptaan suasana yang kondusif dan fasilitas yang memadai turut mendukung dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter,Pembiasaan Rutin, MI Slarang Lebaksiu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:15
Last Modified: 02 Aug 2016 01:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item