KEPEMIMPINAN DI SMP MA’ARIF NU 4 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES

TARHID, 1717651059 (2019) KEPEMIMPINAN DI SMP MA’ARIF NU 4 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
KEPEMIMPINAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MA’ARIF NU 4 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Peran pemimpin pendidikan menjadi sangat urgen untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan. Pemimpin pendidikan sebagai top leader dalam sebuah institusi pendidikan dituntut untuk dapat merumuskan dan mengkomunikasikan visi dan misi yang jelas dalam memajukan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kepemimpinan dalam pola pikir dan perilaku kepala sekolah di SMP Ma’arif NU 4 Bantarkawung Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data yaitu merangkum data mentah, memilih hal yang pokok dan fokus pada hal yang penting. menyajikan data yang telah direduksi, dan melakukan verifikasi data yaitu dengan menyimpulkan keseluruhan data dan menyusunnya dalam bentuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam perannya sebagai pemimpin di sekolah, kepala sekolah bertanggungjawab terhadap semua kegiatan pengelolaan sekolah dan melibatkan guru-guru yang kompeten di bidangnya untuk melaksanakan tugas yang diberikan seperti kesiswaan, keuangan, administrasi, dan lain-lain. Dalam peran yang sama, kepala sekolah menjadi contoh, memberikan motivasi bawahan, mengarahkan dan memonitor kegiatan sekolah. 2) Perannya sebagai penghubung antar pribadi terjadi antara kepala sekolah dan guru-guru terjalin dengan baik dan harmonis. Begitu juga dengan orang-orang di luar sekolah, seperti orang tua siswa, komite sekolah, pengawas, masyarakat, dan instansi yang terkait, hubungan ke semua stakeholder ini telah terjalin dengan baik. 3) Kepala sekolah sebagai pengambil keputusan berdasarkan peraturan yang berlaku dan secara musyawarah mufakat. Hasil musyawarah merupakan keputusan tertinggi yang patut untuk dilaksanakan dengan bersama-sama dan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang terkait. 4) Kepala sekolah selaku pemimpin melakukan kegiatan yang mengarah pada pembinaan guru berkualitas, dengan mengikutsertakan guru dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan kompetensi keguruaannya, seperti ikut serta dalam MGMP, pelatihan-pelatihan, studi banding dan kegiatan ilmiah, serta memberikan peluang bagi setiap guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan memotivasi guru untuk selalu mengembangkan wawasannya melalui berbagai media yang tersedia seperti perpustakan dan lain-lain. 5) Tantangan yang dihadapi yaitu berupa dana dan partisipasi masyarakat, terbatasnya fasilitas yang mampu mendukung terlaksananya proses belajar mengajar, perbedaan persepsi untuk membangun suatu tujuan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, kurangnya kesadaran pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengoptimalisasikan tugas dan tanggungjawabnya, terbatasnya daya tamping siswa, terkait dengan program sertifikasi guru ada beberapa guru mata pelajaran yang kekurangan jam mengajar sehingga harus mencari tambahan jam mengajar di luar. 6) Faktor pendukung yaitu letak geografis sekolah yang strategi merupakan faktor pendukung guru dalam menjalankan tugas, serta kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap sekolah dalam menjalankan kebijakan-kebijakan yang telah disepakati bersama. Kata Kunci : Kepemimpinan, Peran Kepemimpinan dan SMP Ma’arif NU 4 Bantarkawung

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Peran Kepemimpinan dan SMP Ma’arif NU 4 Bantarkawung
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Sep 2019 04:35
Last Modified: 18 Sep 2019 04:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item