IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SIRAMPOG BREBES

Nurokhim, 1717651052 (2019) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SIRAMPOG BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
2. NUROKHIM_IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SIRAMPOG BREBES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
3. BOOKMARK TESIS NUROKHIM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Beberapa factor penentu dalam keberhasilan pendidikan agar bermutu diantaranya mutu input peserta didik yang ditunjukkan oleh potensi siswa, mutu pengalaman belajar yang ditunjukkan oleh kemampuan professional guru, mutu penggunaan fasilitas belajar, dan budaya sekolah yang merupakan refleksi mutu, serta kepemimpinan kepala sekolah. Budaya sekolah adalah nilai-nilai dominan yang didukung oleh sekolah atau falsafah yang menuntun kebijakan sekolah terhadap semua unsure dan komponen sekolah termasuk stakeholders pendidikan, seperti cara melaksanakan pekerjaan di sekolah serta asumsi atau kepercayaan dasar yang dianut oleh personil sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi budaya sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Sirampog melalui tahapan Perencanaan (Planing), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating), Pengawasan (Controling) yang diterapkan pada kelas regular dan kelas pesantren, yang bertujuan untuk program keunggulan sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tiga komponen yaitu reduksi data, pemyajian data, dan penarikan kesimpulan.Adapun pengujian keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian implementasi budaya sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Sirampog adalah sebagai berikut : pada dasarnya implementasi budaya sekolah antara kelas reguler dan kelas pesantren sama yang membedakan adalah perlakuan tindakan khusus pada kelas pesantren, sehingga terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara peserta didik, terutama dalam bidang tertentu diantaranya : a. ahlak dan perilaku yang lebih sopan dan islami b. pemahaman yang lebih mendalam tentang materi keislaman, c. pemahaman tentang kandungan kitab, d.life skill sesuai dengan jurusan yang lebih mumpuni, e. budaya unggul lainnya seperti tahfidz yang siap mengantarkan peserta didik untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi,

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi, budayasekolah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Sep 2019 11:24
Last Modified: 17 Sep 2019 11:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6084

Actions (login required)

View Item View Item