IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT ANNIDA SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Lyli Maryam, NIM. 1123305039 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT ANNIDA SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text
Lyli Maryam_IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT ANNIDA SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Howard Gardner dalam bukunya Multiple Intelligences menyatakan bahwa tidak ada anak yang bodoh. Semua anak itu cerdas dengan kecenderungan kecerdasan yang berbeda-beda. Kemudian Gardner mengungkapkan kecerdasan manusia berjumlah banyak, antara lain: kecerdasan linguistik, kecerdasan visualspasial, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan natural. Karena perbedaan kecenderungan dalam kedelapan kecerdasan ini ada diantara para siswa, untuk itu pendekatan Multiple Intelligences menawarkan kepada guru untuk mengembangkan strategi yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Implementasi Pendekatan Multiple Intelligences di SDIT Annida Sokaraja Kabupaten Banyumas, yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi pendekatan multiple intelligences dalam pembelajaran tematik di kelas 1 SDIT Annida Sokaraja, yaitu pelaksanaan Multiple Intelligences dalam pembelajaran menuntut guru harus mempunyai daya kreativitas dalam menerapkan pendekatan Multiple Intelligences. Di SDIT Annida pembelajaran tematik dengan pendekatan Multiple Intelligences sangat bervariasi. Guru menggunakan apersepsi yang bervariasi, strategi dan metode yang beragam, serta didukung dengan penggunaan media yang kreatif. Ada yang menggunakan strategi diskografi, visualisasi, metode permainan, rumpang kata dan sebagainya. Sehingga dalam penyampaian materi siswa langsung menjadi subyek (yang melakukan), baik itu melalui demonstrasi, permainan dan praktek-praktek lainnya sesuai dengan kecenderungan kecerdasan siswa. Ini akan menjadikan pembelajaran yang mempunyai arti lebih, menyenangkan, dan bermakna, sehingga tercipta pembelajaran yang the best process. Kata Kunci: Pendekatan Multiple Intelligences, Pembelajaran Tematik, SDIT Annida Sokaraja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:55
Last Modified: 01 Aug 2016 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item