Indri Sofatun Nisa, 1522405056 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI NEGERI 3 BANYUMAS Oleh : Indri Sofatun Nisa NIM : 1522405056. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
full text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Metode demonstrasi merupakan salah satu metode yang cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih tertarik dan antusias dalam melaksanakan proses pembelajaran. Metode demonstrasi juga dapat memberikan kesan secara mendalam kepada peserta didik saat proses penerimaan pembelajaran berlangsung, sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Rumusan masalah ini adalah “Bagaimana Implementasi metode Demonstrasi pada pembelajaran tematik kelas V di MI Negeri 3 Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran tematik kelas V di MI Negeri 3 Banyumas. Jenis peneltian ini adalah penelitan lapangan (fieldresearch). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas V, siswa kelas V, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis desriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan metode demonstrasi pada pembelajaran tematik kelas V di MI Negeri 3 Banyumas melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi penyususnan RPP dan seluruh komponen RPP. Tahap pelaksanaan yang dilakukan guru meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Dari ketiga tahap pelaksanaan guru kelas V telah berhasil menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran tematik. Pada tahap evaluasi dilakukan melalui kegiatan tes tertulis, tes lisan dan tugas kelompok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran,Demonstrasi, Tematik |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 03:12 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 03:12 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6008 |
Actions (login required)
View Item |