PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANANLAKU PANDAI BANK SYARIAH DI KABUPATEN CILACAP

: Suci Ramdhiani, 1522202075 (2019) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANANLAKU PANDAI BANK SYARIAH DI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Laku Pandai adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Layanan laku pandai merupakan solusi agar layanan perbankan dapat dinikmati oleh semua segmen atau kalangan khususnya di daerah yang jauh dari kantor cabang dalam rangka keuangan inklusif. Pengetahuan mencakup penalaran, penjelasan, dan pemahaman manusia tentang segala sesuatu. Pengetahuan konsumen tentang informasi layanan laku pandai bank syariah memberikan dampak terhadap perilaku konsumen. Sehingga semakin tinggi tingkat penahaman mengenai layanan laku pandai bank syariah semakin besar kemungkinannya minat untuk menggunakan layanan melalui laku pandai bank syariah. Informasi mengenai kemudahan dan manfaat tentang layanan laku pandai melalui agen tersebut sebagai pertimbangan menumbuhkan minat penggunaan layanan. Karena melalui agen, maka timbul sebuah pertimbangan lain yaitu faktor kepercayaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakanjenis peneltian lapangan (field research) dengan membagikan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang bertempat di Cilacap. Pengambilan sampel dengan rumus Solvin dan dengan menggunakan teknik purposive samplingyaitu memilih 5 kecamatan di Kabupaten Cilacap yaitu kecamatan Maos, Sampang, Adipala, Kesugihan dan Majenang. Terdapat 100 kuesioner yang diolah dengan metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa pengetahuan, kemudahan, manfaat dan kepercayaan secara bersamma-sama berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan laku pandai. Secara parsial variabel pengetahuan berpengaruh negatif terhadap minat penggunaan layanan dengan Sig. 0,271. Variabel kemudahan berpengaruh negatif terhadap minat penggunaan layanan dengan dengan Sig. 0,758. Variabel manfaat berpengaruh positif terhadap minat penggunaan layanan dengan Sig. 0,042. Variabel kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan layanan dengan Sig. 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kemudahan, Manfaat, Kepercayaan, Minat Pengunaan Layanan, Laku Pandai/Branchless Banking.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:47
Last Modified: 28 Aug 2019 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6004

Actions (login required)

View Item View Item