IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA TABUNGAN iB SYARIAH DI PT. BPRS BUANA MITRA PERWIRA KC BANJARNEGARA

DIYAH TIANDRA, 1617203056 (2019) IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA TABUNGAN iB SYARIAH DI PT. BPRS BUANA MITRA PERWIRA KC BANJARNEGARA. Diploma thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam PT. BPRS Buana Mitra Perwira Kc Banjarnegara produk yang ditawarkan dibagi menjadi tiga bagian besar, yaitu: produk penghimpunan dana (funding), produk penyaluran dana (financing), dan produk jasa. Adapun yang termasuk dalam produk penghimpunan dana adalah tabungan dan deposito. Tabungan iB Syariah merupakan salah satu produk penghimpunan dana di PT. BPRS Buana Mitra Perwira KC Banjarnegara. Tabungan iB Syariah adalah tabungan dalam bentuk simpanan dana nasabah pada bank yang bersifat simpanan dan penarikannya dapat dilakukan setiap saat. Tabungan ini menggunakan prinsip wadi‟ah yad dhamanah, dimana pihak bank dapat mengambil manfaat dari titipan tersebut, sehingga semua keuntungan dan kerugian ditanggung seluruhnya oleh bank. Sebagai imbalan karena bank sudah menggunakan titipan nasabah, nasabah berhak mendapatkan jaminan keamanan dari uang yang dititipkan dan disamping itu nasabah akan mendapatkan insentif berupa bonus, dimana bonus tersebut tidak ditetapkan diawal perjanjian dan tidak disebutkan dalam nominal ataupun dalam bentuk presentase dan ini murni kebijakan dari bank karena pada prinsipnya dalam akad ini penekanannya adalah titipan yang sepenuhnya merupakan kebijakan dari bank. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi marketing mix pada tabungan iB syariah di PT. BPRS Buana Mitra Perwira KC Banjarnegara? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti terjun langsung ke lapangan atau tempat yang menjadi objek penelitian yaitu di PT. BPRS Buana Mitra Perwira KC Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi dan wawancara dengan karyawan PT. BPRS Buana Mitra Perwira KC Banjarnegara sehingga mendapatkan hasil salah satunya mengenai suatu hal yang mendasar dari objek yang akan diteliti oleh peneliti dan di analisis menggunakan metode penelitian kualitatif. Penulisan ini berusaha menyajikan tentang implementasi marketing mix sesuai dengan teori yang telah ada dan membandingkan atau menganalisisnya dengan praktik yang sesungguhnya yang terjadi di perbankan syariah khususnya di PT. BPRS Buana Mitra Perwira KC Banjarnegara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa Tabungan iB Syariah di PT. BPRS Buana Mitra Perwira KC Banjarnegara sudah menerapkan akad sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci:ImplementasiMarketing Mix, Tabungan iB Syariah IMPLEMENTATION OF MARKETING MIX ON

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ImplementasiMarketing Mix, Tabungan iB Syariah IMPLEMENTATION OF MARKETING MIX ON
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:41
Last Modified: 28 Aug 2019 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6003

Actions (login required)

View Item View Item