PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKUNCEN BANYUMAS

Ifni Oktiani, 1717651042 (2019) PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKUNCEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
IFNI OKTIANI_PENINGKATAN MUTU LULUSAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen. Indikator dari lulusan yang bermutu diantaranya terlampauinya standar kelulusan, dapat diterima di dunia kerja, dan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Terwujudnya mutu memerlukan upaya dan proses yang cukup panjang. Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen adalah sekolah yang melakukan upaya dan proses manajemen untuk meningkatkan mutu lulusannya. Fokus dari penelitian ini adalah (1) bagaimana upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam peningkatan mutu lulusan? (2) bagaimana proses peningkatan mutu lulusan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) upaya peningkatan mutu lulusan dengan cara (a) mengoptimalkan kualitas tenaga pendidik melalui pendidikan profesi, pembinaan melalui pengajian, workshop dan seminar, gerakan guru membaca dan kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat (b) mengoptimalkan kegiatan penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diawali pembentukan panitia dan penyelenggaraan tes kemampuan dasar agama untuk mengetahui tingkat kemampuan agama anak (c) mengoptimalkan sarana dan prasarana pembelajaran, ruang kelas, sarana ibadah dan sarana olahraga. (2) proses peningkatan mutu lulusan yaitu (a) perencanaan meliputi penyusunan kurikulum, program kesiswaan, rencana kerja madrasah dalam 8 standar pengelolaan pendidikan (b) pengorganisasian membuat struktur organisasi, penyusunan tugas mengajar dan tugas tambahan (c) pelaksanaan optimalisasi kegiatan pembelajaran, memotivasi kegiatan belajar mandiri siswa melalui program tutor teman sebaya dan pelaksanaan ujian sekolah yang tertib dan terarah (d) pengawasan dilakukan oleh yayasan dan dinas terkait melalui penilaian, pembinaan dan pemantauan terhadap jalannya pengelolaan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, mutu lulusan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:37
Last Modified: 28 Aug 2019 02:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6002

Actions (login required)

View Item View Item