MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NURIYYAH BUMIAYU BREBES

Supriyat, 1717651058 (2019) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NURIYYAH BUMIAYU BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
SUPRIYATI_MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemenadalahfaktor yang sangatpentingdalamsebuahorganisasi, begitu pula dalamsebuahlembagapendidikan.Manajemenmerupakankekuatanutamadalamsebuahorganisasi.Manajemenberfungsiuntukmengeloladanmengkoordinasikansumberdayamanusiadan material yang adadalamsebuahlembaga.Pemasaranadalahsalahsatukomponenmanajemen yang tidakkalahpentingkarenadenganpemasaranlahlembagadapatdikenalolehmasyarakatluas.Sebagusapapunsekolahtidakakandiketahuimasyarakatapabilatidakdipasarkandenganbaik. Terlebihdengansemakinketatnyapersainganantarsekolah.Strategi/Bauranpemasaranjasapendidikanmeliputi 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Processakanmembuatsekolahterusmemacudiriuntukberkembangmengikutikebutuhanmasyarakatsebagaipelangganjasapendidikan. Olehkarenaitu, Penelititertarikuntukmengetahuimanajemenpemasarnpendidikan di SekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebes.SekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebesadalahsekolahswasta yang berbasisManajemenPendidikan Islam.DalampenyelenggaraannyaSekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebesmemilikipesaingdengansistempendidikan yang serupa.Olehsebabituperluadanyamanajemenpemasaran yang efektif, peningkatankualitassekolah, danpelayananpendidikan yang memuaskan agar dapatteruseksisdanberada di hatimasyarakat. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Dalampengumpulandatanyadenganmenggunakanteknikwawancara, observasi, dandokumentasi.Penelitiandilakukanpada 1 Februari – 1 April 2019.Untukanalisis data menggunakanteknisanalisis data Miles danHuberman. HasilPenelitianmenunjukkanbahwamanajemenpemasaranpendidikan di SekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebesterlaksanadenganbaik.Strategipemasaranpendidikan yang dilaksanakansangatmembantumeningkatkancitrabaiksekolah.Pemasaranpendidikan di SekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebestelahmeliputipemasaran internal, pemasaraneksternaldanpemasaraninteraktif.Duafaktor yang mempengaruhipemasaranpendidikanyaitufaktorpendukungdanfaktorpenghambat.Faktorpendukungmeliputitingginyakomitmenkepalasekolah, dukunganwargasekolahdankomitmenyayasan An-Nuriyyah.Sedangkanfaktorpenghambatyaitukurangnyakomunikasiantarwargasekolahkarenaperbedaanpemahaman, sekolahpesaing, sertakurangnyatanggapandarimasyarakatterhadapsosialisasidarisekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pemasaran, pendidikan, sekolahmenengahpertama
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:26
Last Modified: 26 Aug 2019 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5992

Actions (login required)

View Item View Item