Supriyat, 1717651058 (2019) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NURIYYAH BUMIAYU BREBES. Masters thesis, IAIN.
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
|
Text
SUPRIYATI_MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Manajemenadalahfaktor yang sangatpentingdalamsebuahorganisasi, begitu pula dalamsebuahlembagapendidikan.Manajemenmerupakankekuatanutamadalamsebuahorganisasi.Manajemenberfungsiuntukmengeloladanmengkoordinasikansumberdayamanusiadan material yang adadalamsebuahlembaga.Pemasaranadalahsalahsatukomponenmanajemen yang tidakkalahpentingkarenadenganpemasaranlahlembagadapatdikenalolehmasyarakatluas.Sebagusapapunsekolahtidakakandiketahuimasyarakatapabilatidakdipasarkandenganbaik. Terlebihdengansemakinketatnyapersainganantarsekolah.Strategi/Bauranpemasaranjasapendidikanmeliputi 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Processakanmembuatsekolahterusmemacudiriuntukberkembangmengikutikebutuhanmasyarakatsebagaipelangganjasapendidikan. Olehkarenaitu, Penelititertarikuntukmengetahuimanajemenpemasarnpendidikan di SekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebes.SekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebesadalahsekolahswasta yang berbasisManajemenPendidikan Islam.DalampenyelenggaraannyaSekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebesmemilikipesaingdengansistempendidikan yang serupa.Olehsebabituperluadanyamanajemenpemasaran yang efektif, peningkatankualitassekolah, danpelayananpendidikan yang memuaskan agar dapatteruseksisdanberada di hatimasyarakat. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Dalampengumpulandatanyadenganmenggunakanteknikwawancara, observasi, dandokumentasi.Penelitiandilakukanpada 1 Februari – 1 April 2019.Untukanalisis data menggunakanteknisanalisis data Miles danHuberman. HasilPenelitianmenunjukkanbahwamanajemenpemasaranpendidikan di SekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebesterlaksanadenganbaik.Strategipemasaranpendidikan yang dilaksanakansangatmembantumeningkatkancitrabaiksekolah.Pemasaranpendidikan di SekolahMenengahPertama An-NuriyyahBumiayuBrebestelahmeliputipemasaran internal, pemasaraneksternaldanpemasaraninteraktif.Duafaktor yang mempengaruhipemasaranpendidikanyaitufaktorpendukungdanfaktorpenghambat.Faktorpendukungmeliputitingginyakomitmenkepalasekolah, dukunganwargasekolahdankomitmenyayasan An-Nuriyyah.Sedangkanfaktorpenghambatyaitukurangnyakomunikasiantarwargasekolahkarenaperbedaanpemahaman, sekolahpesaing, sertakurangnyatanggapandarimasyarakatterhadapsosialisasidarisekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, pemasaran, pendidikan, sekolahmenengahpertama |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 03:26 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 03:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5992 |
Actions (login required)
View Item |