PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

GangsarSetyoWibowo, 15224070016 (2019) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
GANGSAR SETYO WIBOWO_PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto. Pendekatan yang diperkirakan baik untuk diterapkan pada pembelajaran Matematika dalam rangka merangsang munculnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), karena pendekatan pembelajaran tersebut menuntut siswa dalam menemukan pemecahan masalahMatematikayang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari melalui kegiatan inquiry ilmiah secara mandiridankritis dalam menyusun pengetahuandankonsepnyasendiriataspermasalahantersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Designs bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasidansampeldalampenelitianiniadalahkelas VIII A dan VIII D.Adapunkelas VIII A denganjumlah 33 siswadijadikansebagaikelaskontroldankelas VIII D denganjumlah 32 siswadijadikansebagaikelaseksperimen.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan tes berbentuk uraian. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pendekatan Contextual Teaching and Learning Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Hal ini terlihatdari peningkatan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,53 dan kelas kontrol sebesar 0,42,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan ,CTL, Kritis, Matematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:45
Last Modified: 22 Aug 2019 07:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5971

Actions (login required)

View Item View Item