MAHMUDAH, .1717651046 (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BUSTANUL ULUM PAGUYANGAN BREBES. Masters thesis, IAIN.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text
MAHMUDAH_PERAN KEPALA SEKOLAH.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikanmemilikiperanstrategisuntukmembentukpribadimanusia yang unggul, baikpadadimensikognitifmaupunafektif di antaranyamelaluipengembanganbudayasekolah. Budayasekolahmerupakannilai, norma, caraberpikirdanbersikap yang harusdijunjungtinggiolehsetiapwargasekolahuntukmendukung proses pembelajarandantujuanpendidikan yang telahditetapkan. Keberhasilanpengembanganbudayasekolahantara lain dipengaruhiolehperankepalasekolahdalammengkoordinirparaanggotanya. SMP BustanulUlumPaguyanganBrebessebagai salahsatulembagapendidikantingkatmenengahtelahmampumengembangkanbudayasekolahmelaluiperanaktifkepalasekolahdalammengelolabudaya yang adadenganpendekatanfungsionalmanajerial. Rumusanmasalahpenelitianiniialahbagaimanakahperankepalasekolahdalampengembanganbudayasekolah di SMP BustanulUlumPaguyanganBrebespadatahapperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hinggapengawasan. Paradigmapenelitian yang digunakanadalahparadigmapenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptif. Untukmengumpulkan data lapangan digunakanteknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan penyimpulanmerupakanteknik yang digunakanuntukmenganalisistemuan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkanbahwaperanKepala SMP BustanulUlumPaguyanganBrebesdalampengembanganbudayasekolahdilakukanmelaluiempattahapan, yakni: Pertama, tahapperencanaandilakukandenganmenetapkan tujuan,merumuskan keadaan sekolah,danmengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat untuk pencapaian tujuan yang telahditentukan. Kedua, tahappengorganisasiandilaksanakanmelaluidistribusitugasdanwewenang yang terbagikedalamtugasinti, pelayanankepadamasyarakat, danpembentukanbudayareligius. Ketiga, tahappelaksanaanmelaluipemberian perintah secara jelas dan tepat,pemberianteladandanpembiasaan yang baik, danpenciptaansuasanareligius, baikpadajenisbudayasekolah yang bersifattangible maupunintangibel. Keempat, pengawasanmelaluipengamatansecaralangsungdantidaklangsungdenganmelibatkanpartisipasimasyarakatsecaraaktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Perankepalasekolah, pengembanganbudayasekolah, fungsimanajerial. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 02:02 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 02:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5951 |
Actions (login required)
View Item |