UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ASPEK PEMAHAMAN BACAAN PADA POKOK BAHASAN CERPEN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK STAD PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II DI MI KHR ILYAS SETROJENAR KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ZAINI RAFIK, NIM. 092335147 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ASPEK PEMAHAMAN BACAAN PADA POKOK BAHASAN CERPEN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK STAD PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II DI MI KHR ILYAS SETROJENAR KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ZAINI RAFIK_UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ASPEK PEMAHAMAN BACAAN PADA POKOK BAHASAN CERPEN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK STAD PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II DI MI KHR ILYAS SETROJENAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Menurut kurikulum KTSP yang tertuang dalam standar isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI (BSNP:2006); Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) Tekhnik STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkanya penggunaan model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) Tekhnik STAD pada pembelajaran Bahasa Inggris aspek pemahaman bacaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI MI KHR Ilyas Setrojenar Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Data yang diperoleh berupa data test formatif, dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dari kondisi awal sampai siklus II. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh pada kondisi awal (61,11), siklus I (66,41), siklus II (74,26). Sedangkan berdasarkan indikator ketuntasan hasil belajar secara klasikal yang diperoleh yaitu, kondisi awal (37,03%), siklus I (55,55%), dan siklus II (88,88%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Penggunaan model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) Tekhnik STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris aspek pemahaman bacaan pokok bahasan cerita pendek di kelas VI MI KHR Ilyas Setrojenar Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, Bahasa Inggris, dan pembelajaran kooperatif Tekhnik STAD .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:19
Last Modified: 01 Aug 2016 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item