MANAJAMEN PENINGKATAN MUTU PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Solahudin, 1717651056 (2019) MANAJAMEN PENINGKATAN MUTU PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
FILE2_FULL_SOLAHUDIN_Manajamen Peningkatan Mutu Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Ta'allumul Huda Bumiayu Kabupaten Br~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
FILE3_SOLAHUDIN_1717651056_Manajamen Peningkatan Mutu Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Ta'allumul Huda Bumiayu Kabupa~1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada saat sekarang, manajemen pendidikan menganut manajemen Berbasis Sekolah (MBS), sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 51 bahwa Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah. Peserta didik merupakan calon anggota masyarakat sebagai konsumen pendidikan yang mendapatkan pelayanan pendidikan menurut minat, bakat, keahlian dan kemampuannya sehingga dapat ditumbuhkembangkan dengan cemerlang yang menjadikannya merasa puas apa yang diterimanya di sekolah dimana mereka belajar untuk mencapai cita-cita masa depan. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen, maka saat ini dikenal ada sistem manajemen mutu terpadu atau Total Quality Manajamen (TQM) yang mulai diterapkan dalam dunia pendidikan. Sebuah lembaga harus mampu mengelola lembaganya dengan cara meningkatkan seluruh sumber daya yang ada untuk meningkatkan mutu pelayanan pada peserta didik. Pelayanan yang bermutu akan mendorong para peserta didik meningkatkan kemampuan dalam bidangnya sehingga mampu bersaing pada bidangnya masing-masing. Dalam menganalisis temuan di lapangan tentang manajemen peningkatan mutu peserta didik di Sekolah dasar Islam Ta’allumul Huda Bumiayu Kabupaten Brebes, peneliti menggunakan teori manajemen mutu terpadu Edward Sallis ialah perubahan budaya dan perbaikan terus menerus serta pemenuuhan kebutuhan pelanggan merupakan prioritas utama. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tentang Manajamen Peningkatan Mutu Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Ta’allumul Huda Bumiayu Kabupaten Brebes, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Perencanaan manajemen peningkatan mutu peserta didik di Sekolah Dasar Islam Ta’allumul Huda Bumiayu Kabupaten Brebes sudah terlaksana dengan baik. Karena sudah sesuai dengan tahapan-tahapan perencanaan manajemen. Dalam pelaksanaan manajemen peningkatan mutu peserta didik di Sekolah Dasar Islam Ta’allumul Huda Bumiayu juga sudah baik, terbukti sekolah dengan mengacu pada tiga aspek, yakni perbaikan terus-menerus, perubahan budaya dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajamen, peningkatan, mutu, peserta didik, sekolah dasar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Aug 2019 01:47
Last Modified: 22 Aug 2019 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item View Item