PEMBELAJARAN NILAI SPIRITUAL DENGAN PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERT

INTWIYANA CECEP SETIAWAN, NIM. 1123301101 (2016) PEMBELAJARAN NILAI SPIRITUAL DENGAN PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERT. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
INTWIYANA CECEP SETIAWAN_PEMBELAJARAN NILAI SPIRITUAL DENGAN PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran nilai spiritual merupakan proses penanaman pengetahuan terkait seperangkat keyakinan agama yang sangat berarti bagi kehidupan manusia. Keberhasilan dalam penanaman nilai spiritual ini sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang baik hubungan antara seseorang dengan Tuhan maupaun dengan sesama makhluk. Pembelajaran tematik integratif merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam suatu tema. Pembelajaran tematik integratif ini memberikan pengalaman langsung terhadap peserta didik dan menuntut peserta didik untuk lebih aktif sehingga dapat memberikan pembelajaran menyeluruh dan tidak dipisah-pisah. Dalam pembelajaran tematik integratif ini disertakan juga di dalamnya penanaman nilai spiritual dan nilai sosial yang diajarkan secara indirect learning bersamaan dengan diberikannya materi pembelajaran umum. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimanakah pembelajaran nilai spiritual dengan pendekatan tematik integratif yang dilaksanakan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran nilai spiritual dengan pendekatan tematik integratif di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 01 Purwokerto dilaksanakan dari mulai pra pembelajaran, proses pembelajaran dan akhir pembelajaran. Selain dalam pembelajaran ada juga pembiasaan diluar pembelajaran yaitu dalam kegiatan sehari-hari. Adapaun pendekatan tematik integratif yang dilaksanakan merupakan pembelajaran yang dimodifikasi khusus untuk kelas VI. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran nilai spiritual adalah dengan menggunakan lembar mutaba’ah yang diisi oleh peserta didik sesuai kegiatan keagamaan sehari-hari, selain itu evaluasi dilaksanakan juga dengan pengamatan langsung dalam proses kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran nilai spiritual, tematik integrative

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 29 Jul 2016 07:50
Last Modified: 29 Jul 2016 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item