REPRESENTASI KEKERASAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM FILM DILAN 1990(ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES)

NIKEN TRIANA WULANDARI, 1522102031 (2019) REPRESENTASI KEKERASAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM FILM DILAN 1990(ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NIKEN TRIANA WULANDARI_REPRESENTASI KEKERASAN DIL INGKUNGAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kekuatan dan kemampuan film menjangkau banyak segmen sosial. Film dapat mempengaruhi dan membentuk masyarakat berdasarkan muatan pesan (message) di baliknya. Dampak dari film itu sendiri tergantung pada penonton dalam mengambil nilai dari film tersebut. Film akan memberikan dampak positif ketika nilai-nilai yang baik dapat di serap oleh penonton, dan juga dapat berdampak negatif ketika nilai atau unsur-unsur yang terkandung dalam film tidak bisa di serap dan disaring dengan baik oleh penonton. Dunia perfilman Indonesia, telah merilis film berjudul Dilan 1990, film ini menjadi peringkat 1 dari 15 film Indonesia dalam perolehan jumlah penonton paling banyak pada tahun 2018, yakni dengan jumlah 6.315.664 penonton. Film ini menceritakan kisah romantisme remaja yang diselingi dengan beberapa konflik yang menyebabkan terjadinya kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana representasi kekerasan di lingkungan sekolah yang terdapat pada film Dilan 1990. Analisis yang digunakan yaitu analisis semiotik Roland Barthes yang terdiri dari denotasi, konotasi, dan mitos dalam memaknai setiap tanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Objek pada penelitian ini adalah beberapa sceneyang mengandung unsur kekerasan di lingkungan sekolah. Kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotik Roland Barthes untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos pada scene- scene tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Representasi Kekerasan di Lingkungan Sekolah dalam Film Dilan 1990” terletak pada dialog dan gambar scene-scene yang telah diseleksi dan diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bentuk-bentuk kekerasan di lingkungan sekolah yang ada pada Film Dilan 1990 yaitu berupa kekerasan fisik: memukul, menampar, melempar barang, merusak, menarik baju, dan bertengkar, kemudian kekerasan non fisik (verbal):memaki, membentak, meneriaki, mengejek serta kekerasan non fisik (psikis): mengancam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Film Dilan 1990, Kekerasan di Lingkungan Sekolah, Semiotik Roland Barthes
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:35
Last Modified: 21 Aug 2019 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5934

Actions (login required)

View Item View Item