KOMODIFIKASI PAHALA DALAM IKLAN GOJEK VERSI RAMADHAN 1439 H DI TELEVISI NASIONAL

NISAUL ROCHMAH, 1522102033 (2019) KOMODIFIKASI PAHALA DALAM IKLAN GOJEK VERSI RAMADHAN 1439 H DI TELEVISI NASIONAL. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
NISAUL ROCHMAH_KOMODIFIKASI PAHALA DALAM IKLAN GOJEK VERSI RAMADHAN 1439 H DI TELEVISI NASIONAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Iklan adalah bentuk penyajian pesan yang dilakukan oleh komunikator secara non personal melalui media untuk ditujukan pada komunikan dengan cara membayar. Di dalam perkembangan media mutakhir, salah satu kepentingan umum di balik media, yaitu kepentingan ekonomi. Dalam ekonomi politik media komodifikasi adalah salah satu bentuk penguasaan media selain strukturasi dan spesialisasi. Komodifikasi adalah proses transportasi barang dan jasa yang semula dinilai karena nilai gunanya menjadi komoditas yang bernilai karena ia bisa mendatangkan keuntungan di pasar. Komodifikasi isi menjadi pusat perhatian kajian ekonomi politik media dan komunikasi. Ketika pesan atau isi komunikasi diperlakukan sebagai komoditas, ekonomi politik cenderung memusatkan kajian pada konten media dan kurang pada khalayak media dan tenaga kerja yang terlibat dalam produksi media. Komodifikasi isi juga memiliki relevansi dengan komodifikasi nilai yang menjelma dalam bentuk proses komodifikasi agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi konten pahala dalam iklan ini. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis semiotika Roland Barthes. Analisis ini ditekankan pada titik denotasi, konotasi dan mitos terhadap scene yang menggambarkan tentang pahala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi konten pahala dalam iklan Go-Jek versi Ramadhan 1439 H terjadi pada beberapa scene diantaranya scene 1, 4, 5, 7, 8, 10, dan 11. Berdasarkan analisis yang digunakan, setiap scene memiliki konsep pahala yang berbeda ditunjukkan melalui makna denotasi, makna konotasi, hingga mitos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : komodifikasi, iklan, pahala.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:19
Last Modified: 21 Aug 2019 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item