PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS Siti Zamzami NIM. 092331056

Siti Zamzami, Siti (2015) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS Siti Zamzami NIM. 092331056. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Abstrak.doc

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
cover, Bab I, Bab V , Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SITI ZAMZAMI_092331056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan strategi index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah penerapan strategi mencocokkan kartu index dengan cara menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya pada mata pelajaran yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Al- Qur’an dan Hadits dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadits-hadits tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU 1 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas?” Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan strategi index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, (2) Metode Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penerapan strategi index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data gambaran umum MI, rencana, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi index card match yang dilaksanakan dalam pembelajaran Al- Qur’an Hadits telah dilaksanakan dengan baik. Guru sudah mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, dengan membuat RPP maupun menyiapkan media berupa kartu berpasangan dengan baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah mampu melaksanakan langkah-langkah pembelajaran dengan strategi index card match. Dalam kegiatan evaluasi, guru melaksanakan evaluasi dengan baik sehingga dapat diketahui bahwa dengan strategi index card match hasil belajar siswa memuaskan sehingga strategi ini digunakan lagi pada pembelajaran selanjutnya. Kata Kunci: Strategi Index Card Match, Al-Qur’an Hadits, Madrasah Ibtidaiyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 2X1 ??
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan
?? Agama ??
?? pd_ag ??
Divisions: ?? tar_ai ??
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 16 May 2016 02:11
Last Modified: 16 May 2016 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item