STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN PENSIUN DI BSM KC AJIBARANG BANYUMAS

Ninda Nashiha Hudaefa, 1617302032 (2019) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN PENSIUN DI BSM KC AJIBARANG BANYUMAS. Diploma thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFAR ISI_ABSTRAK_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
NINDA NASHIHA HUDAEFA_STRATEGI PEMASARAN UNTUK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan pensiunan adalah penyalur fasilitas pembiayaan konsumtif (termasuk pembiayaan multiguna) kepada para pensiunan, dengan limit hingga Rp. 300.000.000,-. Jangka waktu selama 10-15 tahun atau masa jatuh tempo pada usia pinjaman mencapai 75 tahun, dengan pembayaran angsuran dilakukan melalui potongan uang pensiun langsung yang diterima oleh bank setiap bulan (pensiun bulanan). Terhitung sudah ada kurang lebih 100 nasabah di Bank Syariah Mandiri KC Ajiabarang. Pada produk pembiayaan pensiun akad yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri KC Ajibarang adalah murabahah dan ijarah, dimana akad murabahah digunakan untuk renovasi rumah, pembelian peralatan kebutuhan rumah tangga, pembelian kendaraan bermotor, dan pembelian barang untuk usaha. Pada akad ijarah digunakan untuk keperluan umroh dan biaya pendidikan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi untuk meningkatkan minat nasabah pada produk pembiayaan pensiun di Bank Syariah Mandiri KC Ajiabarang. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2019, sedangkan data yang diperoleh adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam tahan pengumpulan data, ada beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan doumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran untuk meningkatkan minat nasabah pada produk pembiayaan pensiun yang digunakan Bank Syariah Mandiri KC Ajibarang adalah dengan menggunakan strategi bauran pemasaran plus strategi khusus. Kata kunci : Strategi, Pemasaran, pembiayaan pensiun

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, pembiayaan pensiun
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:20
Last Modified: 13 Aug 2019 08:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item View Item