PENERAPAN STRATEGI PEMBALAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N MODEL PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

WIWIT DYAH AYU KARTINI, NIM 1123302065 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBALAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N MODEL PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
WIWIT DYAH AYU KARTINI_PENERAPAN STRATEGI PEMBALAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM)DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N MODEL PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penerapan strategi PAIKEM yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Model Purwokerto. Strategi PAIKEM dapat diusahakan untuk meningkatkan kemampuan dari masing-masing siswa mulai dari yang pandai, sedang dan kurang. Karena PAIKEM merupakan gabungan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, maka dalam proses pembelajarannya siswa dilibatkan secara menyeluruh agar mereka berperan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan penerapan sratategi PAIKEM dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Model Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh guru kelas, dan siswa kelas VII, dan kepala tata usaha MTs N Model purwokerto secara langsung dengan pengamatan penulis. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan Strategi PAIKEM dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Model Purwokerto Kabupaten Banyumas. Skripsi ini menunjukkan bagaimana penerapan Strategi PAIKEM yang di gunakan dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan atau persiapan, pelaksanaan sampai tahap penutup atau evaluasi. Berdasarkan data-data yang telah diperoleh menunjukan bahwa penerapan strategi PAIKEM dalam pembelajaran bahasa Arab berlangsung dengan baik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung Guru di MTs N Model Purwokerto menerapkan prinsip dan karakteristik PAIKEM. Hal ini dapat terlihat dari keterlibatan guru maupun siswa dalam kegiatan pembelajaran, guru menyampaikan pelajaran kepada siswa dengan menggunakan berbagai cara, metode dan tehnik untuk mengembangkan, dan mengaktifkan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, guru juga menggunakan alat bantu, media, dan membangkitkan semangat peserta didik. Sedangkan siswa sering bertanya, mempertanyakan gagasan orang lain dan mengungkapkan gagasan. Kata Kunci:Strategi Pembelajaran, PAIKEM, dan Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:00
Last Modified: 29 Jul 2016 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item