YATIMAH, NIM. 092334022 (2013) MEDIA PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH COKROAMINOTO LINGGASARI KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
YATIMAH_MEDIA PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH COKROAMINOTO LINGGASARI KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf Download (581kB) | Preview |
Abstract
Latarbelakangpenelitianinididasariadanyakeinginanpenulisuntukmengetahuiberbagai media pembelajaran yang digunakanpada MI CokroaminotoLinggasari, KecamatanWanadadi, KabupatenBanjarnegara. Sehinggarumusanmasalahnyaadalah “Apasajabentuk media pembelajaranmatapelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC Linggasari,?, Bagaimanalangkah-langkahpenggunaan media pembelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC Linggasari, Apasajakebaikandankeburukanpenggunaanberbagaibentuk media pembelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC LinggasariTahunPelajaran 2012/2013?. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibentuk media pembelajaranmatapelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC Linggasari, langkahpenggunaan media pembelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC Linggasari, kebaikandankeburukanpenggunaanberbagaibentuk media pembelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC LinggasariTahunPelajaran 2012/2013. Adapuntehnikpengumpulan data yang digunakanadalahdengan interview, observasidandokumentasi. Adapunpengolahan data menggunakancaradeduktif. Hasilpenelitiannyayaitubentuk media pembelajaran yang digunakan di kelas V ialah: Media grafisberupa poster tajwid, Media proyeksidiamberupapapan tulis, Media audio berupa tape recorder dan laptop, Media cetakberupajuzammadan Al Qur‟an. Langkahpenggunaan media pembelajarandikelas V ialah: Guru mempersiapkan media pembelajarandenganmencocokkanantarakompetensidasar, materidengan media pembelajaran yang sesuai. Padapelaksanaanpenggunaan media pembelajaran guru menggunakan media yang sudahdipilih yang disesuaikandenganmateridankompetensidasar yang diharapkan. Padakegiatanevaluasi guru mengetessejauhmanapenyerapanmateripelajarandengancaraevaluasilesan. Satupersatu gurumengetesmateri yang telahdipelajari. Kebaikanpenggunaan media pembelajarandikelas V ialah: kegiatanpembelajaranakanlebihmenarikperhatiansiswa, materipelajaranakanlebihmemungkinkandikuasaisiswa, denganadanya media pembelajaranmetodemengajarakanlebihberfarisi, siswaakanlebihaktifdalammemperhatikanpembelajaran yang menggunakan media pembelajaran. Keburukanpenggunaan media pembelajarandikelas V ialah: kadang-kadangmenjadikansiswaagakribut (ramai), memakanwaktu yang agak lama, biaya yang dikeluarkanlebihbesardaripembelajaran yang tidakmenggunakan media. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Al Qur‟anHadis, MIC Linggasari
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Restu Umar Fauzi |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 02:03 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:03 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/587 |
Actions (login required)
View Item |