MANAJEMEN PROGRAM SISTER SCHOOL DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

SindiMaknolina, 1522101043 (2019) MANAJEMEN PROGRAM SISTER SCHOOL DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
NELI MUSTANGIROH_Pengaruh Program Pembiasaan Hidup Sehat terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat, menuntut adanya kualitas pada dunia pendidikan. Kualitas suatu pendidikan dapat dilihat dari bagaimana sekolah tersebut dapat mengelola dan mengatur SDM yang mampu bersaing dengan dunia internasional, salah satunya adalah melakukan kemitraan atau kerjasama dengan lembaga pendidikan lain baik di dalam maupun di luar negeri.Program sister school merupakan program kemitraan yang dikembangkan oleh sekolah dalam rangka menjalin kerjasama dengan sekolah lain baik di dalam maupun di luar negeri guna mencapai tujuan tertentu terutama dalam bidang pendidikan, budaya dan peningkatan mutu antar kedua sekolah. Program sister school tidak dapat berjalan dengan baik, jika tidak dikelola dengan baik pula. Maka dalam hal ini perlu adanya manajemen, karena tanpa adanya manajemen semua usaha yang dilalukan akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program sister school di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)dan termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan merujuk pada teknik analisis model Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa manajemen program sister school di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto berjalan dengan baik karena (1) mempunyai perencanaan yang jelas dan sistematis, (2) pengorganisasian melalui pembuatan struktur kepanitiaan dan pembagian tugas secara jelas, (3) pelaksanaan dijalankan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, (4) pengawasan dilakukan secara terarah melalui pengawasan internal dan eksternal, (5) evaluasi dilakukan secara langsung dan tidak langsung melalui laporan dan jurnal kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Sister School
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:07
Last Modified: 01 Aug 2019 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item