Aldi Prasetyo, 1522405004 (2019) Implementasi Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI Ma’arif NU Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.
Text
ALDI PRASETYO_IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJ.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Belajar Matematika itu lebih abstrak jika dibandingkan dengan pelajaran yang lain. Oleh karena itu komunikasi sangat penting dalam mengajarkan Matematika. Di dalam interaksi belajar, guru harus mampu memilih bahasa yang mudah dipahami siswa. Oleh karena itu guru harus mampu menciptakan keaktifan siswa. Menciptakan keaktifan siswa juga dapat melalui metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi metode tutor sebaya pada pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU Beji. Metode tutor sebaya merupakan metode yang mampu menciptakan keaktifan siswa. Dengan belajar aktif seperti itulah diharapkan siswa akan lebih cepat memahami materi. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Adapun penelitiannya menggunakan sumber data primer dan skunder dengan perolehandata melalui mekanisme observasi, wawancara, dan dokumentasi. Rangkaian data kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode tutor sebaya pada pembelajaran Matematika kelas V di MI Ma’arif NU Beji terdapat kegiatan utama: penyiapan tutor, proses kegiatan tutorial, dan pemantauan kegiatan tutorial. Hasil implementasi metode tutor sebaya di MI Ma’arif NU Beji sudah cukup optimal, hal tersebut dibuktikan dengan siswa yang sebagai tute mampu mengerjakan soal yang diberikan oleh tutor setelah mendapatkan program tutorial sebaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Matematika itu lebih abstrak jika dibandingkan dengan pelajaran yang lain. Oleh karena itu komunikasi sangat penting dalam mengajarkan Matematika. Di dalam interaksi belajar, guru harus mampu memilih bahasa yang mudah dipahami siswa. Oleh karena itu guru harus mampu menciptakan keaktifan siswa. Menciptakan keaktifan siswa juga dapat melalui metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi metode tutor sebaya pada pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU Beji. Metode tutor sebaya merupakan metode yang mampu menciptakan keaktifan siswa. Dengan belajar aktif seperti itulah diharapkan siswa akan lebih cepat memahami materi. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Adapun penelitiannya menggunakan sumber data primer dan skunder dengan perolehandata melalui mekanisme observasi, wawancara, dan dokumentasi. Rangkaian data kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode tutor sebaya pada pembelajaran Matematika kelas V di MI Ma’arif NU Beji terdapat kegiatan utama: penyiapan tutor, proses kegiatan tutorial, dan pemantauan kegiatan tutorial. Hasil implementasi metode tutor sebaya di MI Ma’arif NU Beji sudah cukup optimal, hal tersebut dibuktikan dengan siswa yang sebagai tute mampu mengerjakan soal yang diberikan oleh tutor setelah mendapatkan program tutorial sebaya. Kata kunci: Matematika, komunikasi, tutor, sebaya |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 08:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 08:19 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5817 |
Actions (login required)
View Item |