PelaksanaanRewarddanPunishment dalamPembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 PurwanegaraKecamatanPurwokerto Utara KabupatenBanyumas

Irna Fatmah, 1223301071 (2019) PelaksanaanRewarddanPunishment dalamPembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 PurwanegaraKecamatanPurwokerto Utara KabupatenBanyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
PELAKSANAAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan yang berkualitasberawaldaripembelajaran yang berkualitas.Sedangkanpembelajaran yang berkualitassangatditentukanolehkepiawaianseorang guru dalamdalammengelolapembelajaran di kelasnya.Salah satupermasalahan yang munculdalamtingkatanpembelajaran di kelasseringkalimenyangkutmasalah-masalahsepertiterlambatmasukkelas, mencontekpadasaatulangan, bercandadengantemanpadasaat guru menerangkanpelajaran, danmengantukpadasaatpembelajaranberlangsung. Hal tersebuttentutidakbolehdibiarkan, karenasekecilapapunpermasalahan yang muncul di kelasjikadibiarkanakanmenjadicontoh (modeling) bagisiswalainya, maka guru perlumemberikannyapunishment. Sebaliknyajikasiswamelakukankebaikanmakasiswadiberikanreward agar dapatmemotivasisecaraektrinsikdandapatmenjaditeladanbagiteman-temannya. Penelitianinibertujuanuntukmenggambarkanbentuk-bentukrewarddanpunishment yang yangditerapkandalampembelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 2 PurwanegaradanmendeskripsikanbagaimanapelaksanaanrewarddanpunishmentdalampembelajaranPendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti di SD Negeri 2 Purwanegara. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield researchdimanapenelititerjunlangsungkelapanganuntukmemperoleh data daninformasiterkaitdenganpenelitian yang dilakukan.Penelitianinidisajikandalambentukdeskriptifdengantujuanuntukmbarkansuatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkanpendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatif.Sedangkanteknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancara, dandokumentasi.SedangkanteknikanalisisdatanyameggunakanModel Miles and Huberman yang terdiridarireduksi data, penyajian data, danverifikasi. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapelaksananrewarddalampembelajarandiberikandalambentuk-bentukrewardsepertipujianlisan, pujianisyarat, perhatian, penguatansimbolik, penguatankegiatan, sertanilaidanpenghargaan. Sedangkanpunishmentdiberikandalambentukantara lain teguranlisan, teguranisyarat, memberikananaktugasbersih-bersih, berdiri di depankelas, menyuruhanakuntukmemintamaaf, sertamenyuruhanakutukberjanji agar tidakmengulangilagikesalahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:41
Last Modified: 31 Jul 2019 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5805

Actions (login required)

View Item View Item