KREATIVITAS GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 2 MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2018/2019

BADRIYAH, 1423305007 (2019) KREATIVITAS GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 2 MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
BADRIYAH_KREATIVITAS GURU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran. Dalam melaksanakan tanggung jawabnya guru dituntut memiliki kreativitas guru sebagai salah satu bentuk kompetensi profesional. Terlebih hampir setiap sekolah telah menerapkan kurikulum 2013, termasuk MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Oleh karena itu, guru-guru di MI Istiqomah Sambas Purbalingga dituntut memiliki kreativitas dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskankreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran Tematik di kelas 2 MI Istiqomah Sambas Purbalingga tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru-guru Tematik kelas 2 dan peserta didik kelas 2 MI Istiqomah Sambas Purbalingga.teknik analisis yang digunakan adalah model intraktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, display data dan Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas 2 MI Istiqomah Sambas Purbalingga meliputi pribadi (person), proses (Process), produk (Product) danPendorong (Press). Pribadi guru yang kreatif akan mampu menciptakan produk yang menunjang pembelajaran yang kreatif dengan faktor pendorong guru untuk mengembangkan kraetivitasnya. Aspek pribadi berkaitan dengan karakter pribadi guru mata pelajaran Tematik yang menunjukkan ciri-ciri guru kreatif. Aspek proses berkaitan dengan kreativitas guru dalam penggunaan metode dan media pembelajaran saat pelaksanaan pembelajaran. Aspek produk ialah guru menciptakan media pembelajaran yang representatif. Aspek pendorong di sini meliputi aspek internal (dari dalam diri guru) dan eksternal (dari kondisi lingkungan dan sarana prasarana yang mendukung).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Kreativitas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:32
Last Modified: 29 Jul 2019 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item