PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH KEMBARAN WETAN KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Elma Prasetiani, 1522405090 (2019) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH KEMBARAN WETAN KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
ELMA PRASETIANI_PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangipentingnya pendidikan karakter serta marak terjadinya krisisnorma dan nilai-nilai karakter dalam masyarakat. Upaya yang cukup strategis untuk membantu penanggulangan krisis nilai-nilai karakter dapat ditempuh dengan berbagai alternatif terutama melalui pendidikan, baik melalui pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah. Salah satunya melalui ekstrakurikuler sebagai salah satu pembentukan karakter.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakulikuler tapak suci terhadap pembentukan karakter mandiri pada siswa MI Muhammadiyah Kembaran Wetan Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif, untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Obyek penelitiannya sendiri adalah kegiatan ekstrakurikuler tapak suci terhadap pembentukan karakter mandiri pada siswa MI Muhammadiyah Kembaran Wetan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa MI Muhammadiyah Kembaran Wetan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tapak suci, yaitu sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler tapak suci terhadap pembentukan karakter mandiri pada siswa MI Muhammadiyah Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Artinya besarnya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler tapak suci terhadap pembentukan karakter mandiri adalah sebesar 49%. Hal ini ditandai dengan R square sebesar 49%. Dari persamaan regresi diperoleh persamaan regresi Y = 0868 + 0,924 X. Koefisien regresi sebesar 0,924 menyatakan bahwa setiap perubahan 1% ekstrakurikuler tapak suci maka nilai karakter mandiri bertambah (karena tanda +) 0,924. Koefisien regresi tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Mandiri, Tapak Suci, Siswa MI Muhammadiyah Kembaran Wetan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:01
Last Modified: 29 Jul 2019 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5751

Actions (login required)

View Item View Item