KURNIA RAHMAWATI, 1522405060 (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG, PURWOKERTO SELATAN, BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
KURNIA RAHMAWATI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran akan bermakna jika dirancang dengan baik agar memberikan manfaat. Untuk itu, guru sebaiknya tidak sekedar menyampaikan materi, tetapi juga harus mencari suatu pendekatanagar siswa cepat memahami materi yang telah disampaikan. Salah satunya adalah dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Apalagi dalampembelajaran tematik yang memiliki satu tema yang dekat dengan dunia siswa dan ada dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif NU Karangpucung. Bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif NU Karangpucung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untukmenganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis reduksidata, penyajian data, dan verifikasi atau penarikankesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian menyebutkan bahwa implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru membuat RPP terlebih dahulu. Tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan di lingkungan masyarakat dan di kelas, dimana prosespembelajaran tersebut menggunakan beberapa metode, sumber belajar danmedia pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan komponen-komponen ContextualTeaching and Learning (CTL)yaitu: konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Tahap yang terakhir yaituevaluasi adalah kegiatan untuk mengukur siswa sejauh mana mampumenyerap materi yang disampaikan guru.Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusiasmengikuti kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 02:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 02:43 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5747 |
Actions (login required)
View Item |