PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-IKHSAN CANDIRENGGO AYAH KEBUMEN

Umrotun Khasana, 1522403091 (2019) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-IKHSAN CANDIRENGGO AYAH KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
UMROTUN KHASANAH_PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL IKHSAN CAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)

Abstract

Strategi pembelajaran card sort merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta tentang obyek atau mereview informasi. Gerakan fisik yang dominan dalam strategi ini dapat membantu mendinamisir kelas yang jenuh atau bosan. Jenis pembelajaran ini didesain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik mempunyai sikap kerjasama, gotong royong, tanggung jawab, berani, mampu mengungkapkan ide dan gagasan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi card sort dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Ikhsan Candirenggo Ayah Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab dan peserta didik MTs Al-Ikhsan Candirenggo Ayah Kebumen. Objek dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi card sort dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Ikhsan Candirenggo Ayah Kebumen. Untuk teknik analisis dan keabsahan data yang penulis pakai menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa penerapan strategi card sort pada pembelajaran Bahasa Arab bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan keterampilan sosial mereka dengan berinteraksi dengan peserta didik yang lain, melatih kemampuan berfikir dan mengungkapkan ide dan gagasan di depan umum. Langkah-langkah strategi card sort dalam pembelajaran Bahasa Arab meliputi beberapa lagnkah, yaitu langkah yang pertama menyampaikan tujuan pembelajaran, langkah kedua guru menyajikan materi yang akan dipelajari, langkah ketiga membentuk peserta didik menjadi beberapa kelompok, langkah keempat mengarahkan peserta didik bagaimana sistem kerja kelompok dengan kartu yang dibagi, dan langkah kelima guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari dan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. Ruang lingkup pembelajaran card sort pada pembelajaran Bahasa Arab yaitu istima’ (mendengarkan), kalam (berbicara), kitabah (menulis), qiro’ah (membaca). Hal ini terlihat ketika peserta didik cenderung aktif dalam menyampaikan ide dan gagasan dalam kelompok serta bekerjasama sesama anggota kelompok dan memiliki rasa tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Sort, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:03
Last Modified: 29 Jul 2019 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item