PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 1 SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KULON TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012

NELI NUR AFNI, NIM. 082332010 (2012) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 1 SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KULON TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NELI NUR AFNI_PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 1 SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KULON TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustak.pdf

Download (780kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui gambaran penerapan metode bernyanyi di kelas 1 SDIT Harapan Bunda pada tahun pelajaran 2011/2012. Adapun rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 1 SDIT Harapan Bunda Purwokerto Kulon? Dalam penelitian ini peneliti menjelaskan bagaimana penerapan metode bernyanyi yang digunakan oleh guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas. Selain menjelaskan penerapan metode bernyanyi, juga menyebutkan beberapa metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Peneliti juga menuliskan beberapa contoh lagu gubahan yang digunakan dalam pembelajaran sesuai tema yang diberikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) di mana peneliti mendapatkan data penelitian dengan cara langsung mendatangi SDIT Harapan Bunda sebagai tempat penelitian. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi untuk menggali data dalam penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini ialah guru bahasa Arab dan siswa kelas 1 SDIT Harapan Bunda Purwokerto Kulon. Dari penelitian yang peneliti lakukan, peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab perlu adanya metode yang menyenangkan. Agar pembelajaran tidak membosankan, seorang guru perlu memilih metode yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran. Di SDIT Harbun pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi, di mana seorang guru menyampaikan mufrodat dengan menggunakan sebuah lagu. Kata kunci : penerapan, metode bernyanyi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:55
Last Modified: 28 Jul 2016 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item