Kultur Pendidikan Islam; Kajian atas Autobiografi Prof. KH. Saifuddin Zuhri Guruku Orang-orang dari Pesantren

Yana, Ervitaputri (2019) Kultur Pendidikan Islam; Kajian atas Autobiografi Prof. KH. Saifuddin Zuhri Guruku Orang-orang dari Pesantren. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saifuddin Zuhri mengelaborasi dengan sistematis keseluruhan aspek pendidikan, dimulai dari tahapan usia, ruang lingkup serta komponen pembentuknya. Secara eksplisit diuraikan bagaimana faktor-faktor tersebut berkelindan membangun konsistensi idea dalam bentuk narasi autobiografi “Guruku Orang-orang dari Pesantren”. Pada tataran outcome Saifuddin Zuhri berhasil membangun citra positif dunia pesantren dan hubungannya dengan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Secara eksklusif ia menggunakan dirinya dan terutama guru-gurunya yang berasal dari tradisi keilmuan pesantren sebagai permodelan bagi gagasan Kultur Pendidikan Islam yang berkontribusi membentuk individu intelektual religius (paradigma kognitif) sebagai pondasi terciptanya masyarakat yang baik (mabadi khoiro ummah) dan pilar substansial dalam ruang demokrasi dan nasionalisme Indonesia. Penelitian ini mengetengahkan masalah bagaimana Kultur Pendidikan Islam dalam autobiografi Prof. KH. Saifuddin Zuhri Guruku Orang-orang dari Pesantren?” Penelitian pustaka ini menggunakan pendekatan sosio-antropologi sebagai studi komparatifnya. Secara literer kajian ini berbasis semio-hermeneutika yang pada tataran teknisnya menggunakan Analisis Isi sebagai perangkat metodologi. Output penelitian ini adalah pemahaman formulasi gagasan Kultur dalam Pendidikan Islam sebagai pola budaya dalam ruang empiris sosial. Secara aktual Kultur Pendidikan Islam dimaknai sebagai sinergi antara keseluruhan aspek pendidikan berbasis nilai yang terintegrasi sistemik dalam ruang privat maupun ruang publik kehidupan masyarakat. Dalam konteks ini pendidikan nilai yang dimaksud adalah bersumber dari ajaran agama Islam. Pada tahapan implementasi, modus operasionalnya menggunakan pola pendekatan tradisi keilmuan Pesantren yang secara de facto telah menjadi subkultur genuine dalam wilayah pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kultur, Pendidikan Islam, Saifuddin Zuhri, Pesantren, Guruku Orang orang dari Pesantren,
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 01 Aug 2019 00:18
Last Modified: 01 Aug 2019 00:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item View Item