DINDA INDRI YULIANTI, 1522405047 (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARANTEMATIK DI KELAS 1B MIDARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DINDA INDRI YULIANTI_IMPLEMENTASI STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 1B MI DAR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dengan diberlakukannya kurikulum 2013 sebagai salah satu upaya untuk melakukan pembelajaran tematik yang optimal maka dibutuhkan suatu strategi pembelajaran.Seperti di MI Darul Hikmah Purwokerto yang menerapkan strategi pembelajaranCard Sort pada pembelajaran tematik di kelas 1B.Hal ini dikarenakan pada awalnya guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik dikarenakan peserta didik di kelas 1B tergolong anak-anak yang aktif sehingga berdampak pada sulitnya peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Oleh karena itu guru menggunakan strategi Card Sort yang bertujuan untuk memperkuat daya ingat atau recall terhadap materi yang telah dipelajari sehingga apa yang didapatkan tidak mudah dilupakan serta untuk mengaktifkan peserta didik sehingga pembelajaran akan lebih terasa menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi Card Sort pada pembelajaran tematikdi kelas 1B MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunkan analisis model Miles dan Huberman yaitu Data Reduction, Data Display, Verification. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi strategi Card Sort pada pembelajaran tematik di kelas 1B MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas meliputi; pertamasecara umum guru telah mengimplementasikan strategi Card Sort sesuai dengan teori dari Melvin L. Silberman walau ditambah dengan adanya modifikasi atas teori tersebut dalam pembelajaran, kedua guru memberikan perhatian yang cukup terhadap karakterisitk peserta didik kelas 1B yang ditunjukkan dengan beberapa tindakan meliputi teguran, arahan, masukan dan nasihat, ketiga implementasi strategi Card Sort memberikan dampak positif antara lain yaitu peserta didik menjadi antusias dalam belajar, kondusifitas kelas yang mudah dijaga oleh guru, dan antusias peserta didik dalam mengerjakan tugas dengan hasil yang diperoleh mayoritas mendapatkan nilai yang baik, keempat terdapat beberapa kendala dalam mengimplementasikan strategi Card Sort walau secara umum tidak menggangu jalannya proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Strategi Card Sort. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 01:15 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 01:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5692 |
Actions (login required)
View Item |