Cahyaningrum, Isti (2019) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
ISTI CAHYANINGRUM_ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENILAIAN AKHIR SEMEST.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Pendidikan Agama Islam Pada Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Kualitas butir soal yang dianalisis ini ditinjau dari segi Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengambil 20% dari 230 peserta didik kelas VII A – VII G SMP Negeri 1 Kembaran, sehingga sampel yang didapat sebanyak 46 peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah butir soal dan lembar jawab peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ditinjau dari segi validitas butir soal, menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 1% soal yang valid berjumlah 13 butir soal (37,1%) dan soal yang tidak valid berjumlah 22 butir soal (62,9%). Sedangkan pada taraf signifikansi 5% soal yang valid berjumlah 17 butir soal (48,6%) dan soal yang tidak valid berjumlah 18 butir soal (51,4%). (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal memiliki reliabilitas cukup dengan nilai koefisiensi 0,52. (3) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran butir soal, diketahui bahwa soal yang tergolong sukar berjumlah 1 butir (2,9%), tergolong sedang berjumlah 9 butir (25,7%), tergolong mudah berjumlah 14 butir (40%), dan tergolong sangat mudah berjumlah 11 butir (31,4%). (4) Ditinjau dari segi daya pembeda, diketahui bahwa soal yang termasuk kategori sangat jelek berjumlah 2 butir (5,8%), kategori jelek berjumlah 11 butir (31,4%), kategori cukup berjumlah 12 butir (34,2%), kategori baik berjumlah 10 butir (28,6%). (5) Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh, didapatkan bahwa 4 butir soal (11,4%) dinyatakan berfungsi dengan baik dan 31 butir soal (88,6%) dinyatakan belum berfungsi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh, Butir Soal |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 00:26 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 00:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5679 |
Actions (login required)
View Item |